Apakah ketombe menular? Simak faktanya di sini!

Wanita asia dengan rambut cokelat panjang membagi rambut menjadi duatap dua kali untuk zoom
Ketombe oh ketombe; menular atau tidak menular ya? Lihat jawabannya di sini.
“Ew jangan deket-deket, nanti gue ketularan ketombe lo!” atau “Duh jangan pakai sisir dari dia, dia lagi ketombean!” Jika kamu pernah mendengar pernyataan ini, atau bahkan kamu sendiri yang berpikir demikian, bisa dipastikan kamu berada di lingkungan yang masih percaya bahwa ketombe itu menular. Memang sih, ketombe sering bikin bergidik dan membuat kita berpikir seribu kali untuk meminjam sisir dari seseorang. Tapi apa benar, ketombe itu menular?
Kami yakin tidak ada yang ingin berketombe. Sekecil apapun kehadirannya bisa meruntuhkan kepercayaan diri secara signifikan! Gonta-ganti gaya rambut pun jadi terasa serba salah. Namun, mempercayai bahwa mitos ketombe tanpa mencari faktanya dapat membuat kamu terjerumus dalam pencegahan dan solusi ketombe yang tidak efektif. Memiliki ketombe bukan berarti seseorang itu jorok dan punya masalah kulit loh! Ternyata berdasarkan penelitian, 50% dari populasi di dunia mengalami ketombe, karenanya ketombe tergolong masalah rambut yang sangat umum, sama halnya dengan rambut rontok. Jadi apa ketombe itu menular? Yuk kita cara tahu faktanya!



Mitos dan fakta tentang penularan ketombe




Apa penyebab ketombe?

Kulit kepala yang sehat mengalami penggantian sel kulit mati sekitar dua kali dalam sebulan, sebelum menggantinya dengan sel-sel kulit yang baru. Namun ketika prosesnya dipercepat (karena satu dan lain hal), jumlah sel kulit mati yang terkelupas menjadi dua kali lipat banyaknya. Hal ini kita kenal juga dengan nama ketombe.
Jadi, apa yang menyebabkannya? Sebenarnya penyebab utama ketombemasih dalam perdebatan, namun semua penelitian membuktikan bahwa lapisan pelindung kulit yang lemah dan disertai dengan kehadiran Malassezia dapat memicu hadirnya ketombe.

Apakah ketombe itu normal?

Normal saja kok, kalau kamu merasa jijik dan panik saat memiliki ketombe. Meski tidak mengancam kesehatanmu secara keseluruhan, ketombe bisa benar-benar membuatmu minder. Sekarang saat kamu tahu bahwa ketombe adalah masalah rambut yang umum, pastinya kamu jadi lebih lega dong?
Wanita asia dengan rambut hitam panjang sedang menyisir rambut
Perlukah kamu khawatir saat menggunakan sisir orang lain? (Foto: Hariono Halim)
Nah, mikroba bernama Malassezia yang sering ditemui pada kulit kepala berketombe ternyata juga merupakan jamur yang tidak merusak. Namun ketika jumlahnya berkali-kali lipat, mereka akan memicu pergantian sel kulit dengan cepat dan mengakibatkan ketombe.

Jadi, apakah ketombe itu menular?

Jawabannya: tidak.
Jangan khawatir untuk meminjam sisir dari orang yang berketombe atau bahkan tidur di atas bantal mereka karena ketombe bukanlah infeksi yang bisa menular. Malassezia bisa ditemukan di semua kulit kepala.
Wanita asia dengan rambut bob pendek warna hitam memegang kulit kepala
Semua gaya rambut akan lebih maksimal dengan kulit kepala yang sehat. (Foto: Hariono Halim)
Perawatan kulit kepala yang kita lakukan gunanya untuk menekan jumlah produksi mereka, sehingga tidak menyebabkan ketombe semakin parah.

Solusi: menggunakan shampoo anti ketombe yang dapat merawat kulit kepala.

Jika kamu pernah terserang ketombe, ada kemungkinan kamu akan terkena ketombe lagi di lain waktu. Karena itulah, perawatan kulit kepala sifatnya sangat amat penting. Selain menjalani hidup sehat dan makanan sehat, kamu wajib gunakan shampoo anti ketombe seperti Green Angelica Hair Shampoo. 

Shampoo ini mengandung Zinc dan menthol untuk mengontrol pertumbuhan bakteri sekaligus memberi rasa dingin dan nyaman pada kulit kepala. Jangan tunggu sampai ketombean ya, untuk menggunakannya!

Sekarang kamu sudah tahu kan, musuh besarmu bukan orang yang berketombe tapi ketombe itu sendiri. Jangan tunggu sampai harus mengobati, lakukan pencegahannya mulai dari hari ini!
Customer Care
Ibu Ella : 082234813382 (Simpati)

Komentar

  1. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

    BalasHapus
  2. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial sanggul pengantin modern untuk wajah bulat

Tips memilih conditioner untuk rambut kering

Tips memilih warna rambut sesuai warna kulit