17 Cara menghilangkan ketombe secara alami yang perlu kamu coba

Belum pernah mencoba cara menghilangkan ketombe secara alami? Setelah membaca artikel ini, mungkin kamu tertarik mencobanya.Jangan takut dengan ketombe. Dengan perawatan yang tepat, kamu bisa mengucapkan selamat tinggal pada ketombe! Tim editor Obatbotak.com sudah menyiapkan daftar cara menghilangkan ketombe secara alami untuk kamu.
Simak tips lengkapnya berikut!


Cara menghilangkan ketombe secara alami



1. Minyak kelapa

Selain harum, minyak kelapa juga kaya lemak, sehingga dapat membuat kulit kepala dan rambut senantiasa lembap. Sebelum keramas, pijat kulit kepala dengan 3-5 sendok makan minyak kelapa alami dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu, keramas seperti biasa dengan shampoo dan bilas hingga bersih.
Kandungan alami kelapa juga bisa kamu dapatkan di dalam Green Angelica Hair Shampoo dan Green Angelica Hair Serum Conditioner. Untuk hasil yang lebih maksimal, pastikan kamu keramas dengan menggunakan kombinasi ini.


2. Lemon.

Tingkat keasaman dalam lemon dapat menyeimbangkan pH pada kulit kepalamu dan membantu menghilangkan ketombe secara alami.
Wanita asia memegang kedua belahan rambut dan memainkan rambut - cara menghilangkan ketombe secara alami
Caranya, pijat kepala dengan campuran segelas air dan dua sendok makan lemon peras. Diamkan 10 menit lalu bilas dengan air.

3. Aloe vera.

Rasa gatal saat rambut berketombe dapat diredakan dengan tanaman aloe vera alias lidah buaya yang menenangkan. Caranya, kupas daging tanaman lidah buaya gosok pada daerah kulit kepala yang gatal. Jika tidak tersedia lidah buaya, kamu dapat menggunakan krim atau gel yang memiliki kandungan aloe vera di dalamnya.

4. Minyak zaitun.

Minyak zaitun juga terkenal ampuh untuk menghilangkan ketombe secara alami. Caranya, tuangkan 10 tetes minyak zaitun di telapak tangan lalu pijat ke seluruh bagian kulit kepala dengan gerakan memutar dan secara perlahan.
Lindungi kepala dengan shower cap, dan biarkan semalaman. Esok harinya, kamu tinggal mencuci rambut seperti biasa dan pastikan tidak ada bekas minyak zaitun yang tertinggal. 
Untuk hasil maksimal, kamu bisa menggunakan Shampoo yang mengandung minyak zaitun seperti Green Angelica Hair Shampoo.

5. Tea tree oil.

Kandungan dalam tea tree oil bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, sehingga bekerja dengan baik dalam mengusir jamur dan bakteri yang tumbuh di kulit kepala kita. Caranya, pijat beberapa tetes tea tree oil, lalu biarkan meresap selama 5 menit. Bilas dengan shampoo seperti biasa.
Agar hasilnya maksimal, gunakan shampoo yang juga mengandung tea tree oil seperti Green Angelica Hair Shampoo.

6. Fenugreek.

Cara menghilangkan ketombe dengan bahan ini sangat terkenal di India. Caranya rendam seggenggam biji fenugreek (klabet) semalaman, lalu tumbuk biji yang sudah lembut tersebut pada keesokan harinya. Pakai dan pijat kepada kulit kepala, dan tunggu hingga meresap selama satu jam. Setelah meresap, bilas dengan shampoo.

7. Aspirin.

Aspirin, seperti shampoo untuk rambut berketombe lainnya, memiliki bahan aktif (salicylic acid) untuk membantu perkembangan ketombe di kulit kepala. Caranya, tumbuk dua buah aspirin hingga halus, lalu campurkan ke dalam shampoo yang kamu gunakan sehari-hari. Biarkan pada kulit kepala selama satu sampai dua menit, lalu ulangi pencucian dengan menggunakan shampoo biasa, dan bilas hingga bersih.
Agar hasil lebih maksimal, gunakan shampoo yang memiliki kandungan zinc seperti Green Angelica Hair Shampoo. Kandungan zinc dapat membantu kulit kepalamu menghadapi serangan bakteri pemicu ketombe.

8. Jeruk nipis dan santan.

Jeruk nipis membuat pH kulit menjadi seimbang, sedangkan kandungan lemak pada santan secara alami dapat melembapkan kulit kepala dan rambut. Caranya, campurkan kedua bahan dan oleskan pada kulit kepala hingga ke seluruh batang rambut. Bilas hingga bersih setelah didiamkan selama 20 menit.

9. Makanan sehat.

Sayur-sayuran dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel-sel yang sehat. Untuk kulit kepala yang lebih sehat, usahakan untuk mengkonsumsi sayuran seperti brokoli, kale, dan selada. Selain sayuran, protein nabati dan minyak ikan juga dapat membuat kulit lebih lembap secara alami.

10. Gunakan air dingin untuk keramas

Wanita asia memegang rambut basahnya, model rambut pendek keriting - Cara menghilangkan ketombe secara alami
Usahakan untuk selalu mencuci rambut dengan air dingin atau air dengan suhu keran agar kulit kepala tidak menjadi semakin kering.

11. Keramas menyeluruh setelah memakai produk menata rambut.

Tidak masalah kamu sering memakai gel, pomade, wax, atau hair spray, asalkan setelahnya kamu mencuci rambut sampai benar-benar bersih. Produk rambut yang tersisa dan menumpuk di kulit kepala berpotensi tinggi memicu munculnya ketombe.
Untuk menghindari ketombe, kamu bisa menggunakan hair spray yang tidak membuat rambut lengket.

12. Cuka apel.

Cuka apel adalah pilihan tepat untuk eksfoliasi kulit kepala secara alami, agar sel kulit mati yang bertumpuk dapat hilang. Sifatnya yang anti-bakterial juga dapat membantu menghambat pertumbuhan jamur. Caranya, campurkan satu sendok cuka apel ke dalam segelas air. Siram perlahan pada kulit kepala sambil dipijat lalu diamkan selama 30 menit sebelum keramas.

13. Minyak badam (almond oil).

Cara penggunaan minyak badam ini sama dengan minyak zaitun. Cukup oleskan minyak badam secara merata pada kulit kepala, diamkan semalaman dan lindungi kepala dengan shower cap. Keesokan harinya, bilas rambut menggunakan shampoo dan conditioner.
Agar maksimal, penggunaan minyak badam dapat dipadukan dengan vitamin rambut dengan kandungan serupa yaitu Green Angelica Hair SerumVitamin.

14. Peppermint.

Sensasi dingin dan segar yang dihasilkan peppermint menjadikannya bahan alami yang cocok digunakan untuk mengatasi ketombe. Selain dapat meredakan rasa gatal, minyak esensial ini juga dapat mengurangi kulit kepala yang kering dan mengelupas. Temukan kesegaran mint dalam 

15. Garam.

Wanita asia dengan baju hitam, menggunakan sisir membelah rambut - cara menghilangkan ketombe secara alami
Pernah mencoba menghilangkan ketombe secara alami menggunakan garam? Kalau belum, coba cara ini: pijat kulit kepala dengan tiga sendok makan garam pada rambut yang sudah dibasahi dan diamkan selama tiga menit. Setelahnya, langsung keramas rambut dengan shampoo dan conditioner.

16. Masker kuning telur.

Kuning telur yang kaya protein juga berkhasiat untuk melembapkan kulit kepala. Buat sendiri maskermu dengan mencampurkan satu kuning telur dengan satu sendok teh minyak zaitun.

17. Asupan air yang cukup.

Meski sering terlupakan, tapi penyebab kekeringan pada kulit adalah dehidrasi. Usahakan minum air putih minimal delapan gelas setiap hari agar kulit senantiasa sehat dan lembap.
Bagaimana, tertarik mencoba semua cara alami yang tadi sudah kita bahas? Setelah mencobanya, pastikan kamu mencuci bersih rambutmu menggunakan  Green Angelica Hair Shampoo supaya tidak ada residu  yang tertinggal di kulit kepala.
Bila digunakan secara teratur, akan mengaktifkan lapisan pelindung kulit kepala alami untuk melawan ketombe. Untuk rekomendasi shampoo anti ketombe lainnya bisa kamu temukan di sini juga.
Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial sanggul pengantin modern untuk wajah bulat

Tips memilih conditioner untuk rambut kering

Tips memilih warna rambut sesuai warna kulit