Ini dia makanan-makanan yang baik untuk kesehatan kulit kepala dan rambut


Wanita asia dengan warna rambut hitam pendek memegang semangkuk sayuran

Kecantikan yang terpancar dari luar didukung oleh kesehatan dalam tubuh. Ungkapan ‘you are what you eat‘ ternyata ada benarnya, loh!
Setiap anggota tubuh merupakan bagian dari sistem besar yang bekerja demi kelangsungan hidupnya masing-masing maupun hidup kita secara keseluruhan. Jika ada bagian dalam tubuh kita yang sakit, tanda-tandanya akan tampak pada satu atau beberapa anggota tubuh sekaligus. Rambut terdiri dari protein alami yang membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar dapat hidup sesuai siklus normalnya. Hal ini tentunya tidak dapat dipisahkan dari kulit kepala, tempat tumbuh dan hidupnya rambut. Tak hanya itu, kulit kepala juga bertugas mendistribusikan nutrisi ke seluruh batang rambut. Jadi jangan harap kita bisa memiliki rambut indah kalau kondisi kulit kepala sendiri tidak sehat.
Itu sebabnya kita perlu memperhatikan diet yang seimbang, karena apapun yang kita konsumsi akan turut mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Jangan keburu anti mendengar kata ‘diet’ karena diet tak berarti kamu menyiksa diri dan mengurangi makan. Kunci dari diet seimbang yang sehat dan tidak menyiksa adalah moderasi. Moderasi di sini artinya kamu tahu batasan sesuai yang tubuh kamu perlukan; tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan. Kami sadar bahwa masih ada yang terobsesi memiliki perut six packs, tapi tidak dibarengi dengan diet yang tepat.
Protein merupakan salah satu kunci diet yang seimbang, tapi hal ini tentu harus diimbangi dengan nutrisi makro yang juga harus dipastikan kecukupannya, seperti lemak dan karbohidrat. Selain protein, tubuh juga butuh serat loh! Untuk tahu bagaimana penghitungan nutrisi makro yang kamu perlukan dalam sehari, sebaiknya kamu berkonsultasi kepada ahli nutrisi karena masing-masing tubuh memiliki kebutuhan yang berbeda. Namun kamu bisa mulai dari hal kecil, misalnya mengganti pola konsumsi dan menambahkan makanan tertentu ke dalam asupan harianmu. Penasaran makanan apa saja yang bisa membantu menyehatkan kulit kepala dan rambut? Simak selengkapnya berikut ini!



4 Makanan sahabat kulit kepala dan rambut




Buah-buahan segar.

Meskipun banyak buah yang termasuk dalam karbohidrat, namun tak bisa dipungkiri bahwa buah-buahan merupakan sumber serat yang penting untuk tubuhmu. Buah-buahan segar memiliki nutrisi komplit yang baik untuk kulit kepala, terutama buah-buahan citrus yang kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan, loh! Utamakan buah-buahan segar ya, karena meskipun buah-buahan kaleng juga sumber serat yang tak kalah baik, kadar gulanya yang tinggi tidak bagus untuk dikonsumsi setiap hari.
Berbagai macam sumber protein
Variasikan asupan proteinmu setia harinya. (Foto: Shutterstock)

Daging dan sumber protein lainnya.

Tambahkan daging dalam menu harian. Kandungan zat besi yang terdapat di dalamnya berfungsi untuk menutrisi folikel rambut, sehingga rambut tumbuh lebih kuat dan sehat. Zat besi juga dapat membuat penyerapan nutrisi pada kulit kepala lebih sempurna.
Komponen rambut dan kulit kepala sebagian besar adalah protein, karena itulah kamu wajib menjalankan diet seimbang dimana kebutuhan proteinmu tercukupi. Jika proteinmu kurang, maka rambut akan jadi kering dan kusam. Pola diet dengan protein yang sangat rendah (dan dilakukan dalam jangka panjang) dapat mengakibatkan rambut rontok loh!
Tidak suka daging merah? Ganti saja dengan lean protein seperti daging ayam, ikan dan juga telur.

Jamur.

Kabar baik untuk kamu yang vegetarian dan vegan!  Kamu bisa juga kok dapatkan asupan nutrisi yang cukup dari sayur-sayuran. Kami merekomendasikan kamu untuk mengkonsumsi jamur karena kaya akan mineral, dan juga zat besi. Selain itu, jamur juga bisa mencukupi kebutuhan protein sekaligus seratmu dalam waktu yang bersamaan loh. Tak ada alasan untuk menolaknya bukan?
Wanita asia dengan rambut cokelat panjang sedang memegang mangkuk berisi sayuran
Pastikan asupan nutrisimu seimbang ya! (Foto: Shutterstock)

Sayuran hijau.

Menjalankan diet seimbang tentunya wajib memasukkan sayur-sayuran di dalam makananmu. Sayuran hijau adalah sumber vitamin A dan C yang baik untuk tubuhmu. Contohnya, di dalam satu ikat bayam, kamu bisa menemukan zat besi sekaligus serat yang sangat baik untuk kulit kepalamu. Nutrisi-nutrisi kaya akan manfaat ini dapat membantu menciptakan produksi sebum yang terkendali, sehingga rambutmu tidak kering dan tidak berminyak.
Nah, sudah tahu kan apa saja yang perlu kamu lakukan selanjutnya? Mulai deh belanja makanan-makanan yang bermanfaat untuk tubuh, bukan hanya yang dirindukan oleh lidah! Bonusnya? Rambut sehat, badan juga lebih bugar!

Customer Care

Ibu Ella : 082234813382 (Simpati)
WA Klik: http://bit.ly/082234813382
BBM : http://pin.bbm.com/D8402DBA
Line : http://line.me/ti/p/~penumbuhrambutampuh

Komentar

  1. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

    BalasHapus
  2. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus
  3. bermanfaat sekali makan makanan sehat ya

    alfamart loker

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial sanggul pengantin modern untuk wajah bulat

Tips memilih conditioner untuk rambut kering

20 Inspirasi gaya rambut yang cantik untuk merayakan Tahun Baru Imlek