Ketombe adalah penyebab rambut rontok: mitos atau fakta?


Ketombe adalah penyebab rambut rontok: mitos atau fakta? - Temukan jawaban atas salah satu pertanyaan yang paling sering kami dengar.
Apakah kamu mengalami masa-masa terburuk dari sejarah rambutmu: rontok dan berketombe? Biasanya kedua masalah rambut ini muncul sendiri-sendiri, namun jika hal ini terjadi bersamaan, kamu mungkin jadi bertanya-tanya apakah keduanya memiliki hubungan?

Sekilas saja kita dapat melihat kehadiran butiran putih di rambut adalah ciri rambut berketombe. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa hampir seluruh pria dan wanita pernah mengalami ketombe. Seringnya ketombe diiringi kulit kepala yang terasa gatal dan tampak kemerahan. Apakah ketombe adalah penyakit kulit kepala? Atau sebenarnya, ketombe adalah mikroorganisme yang muncul di rambut?

Meki ketombe sudah dideteksi kehadirannya dari berabad yang lalu, hingga kini mitos dan miskonsepsi seputar penyebab ketombe (dan ketombe itu sendiri) masih sering terdengar. Kali ini kita akan membongkar mitos ketombe sebagai penyebab kerontokan rambut, sekaligus memberikan fakta mengenai ketombe. Simak baik-baik ya!

Jurus jitu menangkal ketombe

Bagaimana cara mencirikan ketombe?

Cara mencirikan ketombe sangat mudah! Bahkan karena terlalu mudah dicirikan, ketombe bisa membuat kita tidak percaya diri dan merasa harus menutupi rambut. Terutama pada rambut berwarna gelap, sebab, ketombe akan tampak kontras dan dengan mudah menjadi pusat perhatian.
Besar serpihan kulit ketombe dan bentuknya sangat tergantung pada keadaan kulit kepalamu dan seberapa parah ketombe sudah menyerang.

Bagaimana pengaruh kesehatan kulit terhadap munculnya ketombe?

Kulit kepala yang sehat biasanya memiliki lapisan pelindung untuk menahan kandungan air di dalam kulit, bertujuan untuk menjaga level kelembapan yang baik agar kulit tak kering. Kondisi rambut yang tidak sehat dapat mengakibatkan kulit kehilangan kelembapannya. Kulit pun jadi kering dan iritasi, terasa gatal, dan akhirnya menjadi ketombe.

Nah, kamu tak perlu khawatir jika berdekatan dengan teman yang berketombe. Karena ketombe ternyata sama sekali tidak menular! Ketombe tidak disebabkan oleh bakteri atau virus dan tidak akan bisa ditularkan melalui penggunaan styling toolsatau sisir. Mungkin kamu bisa mengenalkan temanmu pada obatbotak.com agar masalah ketombenya cepat sembuh!


Karena ketombe adalah sel kulit mati yang terkelupas, ketombe bisa jadi santapan utama tungau. Karena itu membersihkan kulit kepala dari ketombe bukan hanya soal kenyamanan dan estetika tapi juga kesehatan kulit secara menyeluruh. Tidak mau kan, badan ikut gatal karena terserang tungau di kasur?

Apakah ketombe adalah penyebab rambut rontok?

Jawabannya ya, secara tidak langsung. Ya, karena ketombe secara tidak langsung menjadi suatu patokan kesehatan kulit kepala. Kulit kepala yang kurang sehat biasanya tidak bisa menutrisi rambut dengan baik. Akibatnya folikel rambut jadi lemah.

Kegiatan menggaruk kulit kepala ini justru yang akan mengakibatkan rambut patah. Namun ketombe bukanlah penyebab langsung dari rambut patah ya. Biasanya untuk mencegah keadaan yang makin parah (rambut berketombe dan patah), disarankan untuk menggunakan shampoountuk kesehatan kulit kepala yang mengandung manfaat untuk rambut patah seperti Green Angelica Shampoo dan Green Angelica Hair Serum.
Shampoodan conditionerini adalah satu rangkaian produk untuk dua manfaat. Dilengkapi dengan kandungan Zinc Mineral & Pro-Nutri Essence, kulit kepala jadi terasa lebih bersih, nyaman, bebas ketombe dan rambut rontok.

Cara menanggulangi ketombe.

Cara yang paling populer dalam menangani ketombe adalah dengan menggunakan shampoodengan kandungan anti-fungal atau yang mengandung bahan zinc pyrithione. Zincdapat membantu meredakan pertumbuhan jamur Malassezia yang dapat memperburuk kondisi kulit kepala. Menghilangkan populasi malassezia pada rambut akan mendetoks kulit kepalamu dan membiarkan kulit kepalamu sembuh dan membangun lapisan pelindung yang telah runtuh.

Jika kamu mengalami masalah ketombe dan rambut rontok, kami merekomendasikan Green Angelica Shampoo karena produk ini bekerja untuk dua masalah rambut sekaligus! Di dalamnya terdapat nutrisi creambath yang dua kali lebih lengkap, juga dapat membantu menghilangkan ketombe, menutrisi kulit kepala dan membuat rambut kuat juga indah.

Itulah beberapa fakta yang perlu kamu ketahui mengenai ketombe dan rambut rontok, dan bagaimana kedua masalah rambut ini berhubungan. Simak juga tips darurat ketombe dengan memilih berbagai gaya rambut untuk sembunyikan ketombe sementara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial sanggul pengantin modern untuk wajah bulat

20 Inspirasi gaya rambut yang cantik untuk merayakan Tahun Baru Imlek

Tips memilih conditioner untuk rambut kering