Tips memilih sisir yang tepat sesuai kebutuhan rambut

Tips memilih sisir yang tepat sesuai kebutuhan rambut -Apakah kamu juga sering memandang sebelah mata benda yang satu ini?
Jangan anggap remeh kegunaan sisir. Benda yang satu ini tak cuma berfungsi merapikan rambut. Banyaknya variasi sisir yang beredar di pasaran bukan tanpa tujuan. Idealnya, kamu harus menyesuaikan jenis sisir dengan tujuan penataan rambutmu.
Kini Penumbuh Rambut akan mengajakmu untuk lebih memahami kegunaan sisir beserta variasi yang ada. Proses menyisir rambut ini akan menentukan hasil akhir tampilan rambut. Selain itu, sisir tertentu dapat membantu peredaran darah di kulit kepala lebih lancar.
Berikut kami hadirkan tips praktis dalam memilih sisir yang tepat untuk berbagai keperluan menata rambutmu sehari-hari!



Tips menentukan sisir dan cara menyisir yang benar




Salah memilih sisir membuat rambut rontok.
Salah memilih sisir dapat membuat rambut semakin rontok. (Foto: Shutterstock)

1. Memilih sisir yang tepat.

Kamu yang sudah berpengalaman menata rambut pasti tahu bahwa ada banyak jenis sisir yang punya fungsi berbeda-beda. Beda bentuk, beda pula kegunaan dan hasilnya. Jangan pikir satu sisir dapat cocok untuk semua jenis rambut ya.
Untuk keperluan sehari-hari, kamu bisa menggunakan paddle brush dan round cushion brush yang memiliki bantalan busa. Sementara itu, sisir sasak tak cuma berfungsi untuk menyasak rambut, tapi juga untuk mendapatkan tampilan rambut yang super rapi atau sleek. Lihat penjelasan lengkap kami tentang jenis-jenis sisir beserta kegunaannya!

2. Jangan menarik rambut dengan keras.

Meski teknik menyisir sudah diajarkan sejak kecil, belum tentu selama ini kamu sudah memperlakukan rambutmu dengan tepat. Menarik rambut dengan sisir atau memaksakan menyisir rambut yang kusut bisa memberikan tekanan pada akar rambut. Akibatnya, rambut bisa patah di tengah atau tercabut dari akarnya.
Menyisir rambut dengan hati-hati.
Perlakukan rambutmu seperti bayi! (Foto: Shutterstock)
Segera hentikan kebiasaan ini jika tidak ingin rambutmu rontok sia-sia.
Tip editor: Bagi rambut menjadi beberapa bagian, lalu sisir satu-satu. Jika terasa kusut, coba uraikan dengan jari atau gunakan sisir bergigi jarang secara perlahan.

3. Rawat dengan produk yang tepat.

Sisir yang tepat saja tidak cukup untuk mengatasi rambut kusut. Ada satu langkah yang pantang untuk kamu lewati, yaitu mempersiapkan rambut dengan conditioner. Penggunaaan conditioner pada umumnya bisa dilakukan setelah keramas, diaplikasikan dari bagian tengah rambut hingga ujung rambut. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan conditioner sebagai perawatan deep conditioning.
Tip editor: Gunakan Green Angelica Hair Serum Vitamin Rambut yang membuat rambut terlembapkan dengan alami tanpa terasa berat atau lepek.

Formulanya mengandung minyak yang dapat menutrisi rambut, tanpa membuat rambutmu berminyak.

 4. Selalu bersikap lembut pada rambut basah.

Rambut basah lebih rapuh dan sangat mudah rontok. Karena itulah kita harus selalu berhati-hati dalam menangani rambut basah. Jika benar-benar terpaksa, keringkan rambut menggunakan handuk microfiber.
Tip editor: Remas-remas rambut secara perlahan hingga tidak ada lagi air yang menetes dan rambut terasa lembap. Setelah itu, mulai dengan menyisirnya dengna jari secara perlahan.
Menyisir rambut saat rambut basah
Jangan kasar terhadap rambut basah. (Foto: Shutterstock)
Jika terasa sulit, mulai sisir rambut dari ujung dan perlahan naik hingga ke akar rambut.  Jangan ragu untuk menggunakan minyak rambut atau vitamin rambut untuk membuat rambut lebih mudah disisir. Favorit kami adalah Sunsilk Soft and Smooth Vitamin.
Vitamin ini mengandung lima minyak esensial alaminya yang dapat membuat rambut lebih mudah diatur dan lebih lembap. Hasilnya, rambutmu akan terasa lebih mudah diatur dan lembut.

5. Sisir rambut secara bertahap.

Untuk beberapa situasi, kamu tak perlu menyisir rambutmu dari akar hingga ke ujung rambut. Bahkan untuk rambut yang sangat kering atau keriting, kamu hanya perlu fokus ke bagian tengah rambut hingga ke ujungnya karena bagian ujung rambut lebih sering terasa kering dan kusut.
Langkah strategis yang bisa kamu lakukan adalah menyisir langsung ke batang rambut dan melerai rambut yang menyangkut satu sama lainnya.

Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial sanggul pengantin modern untuk wajah bulat

20 Inspirasi gaya rambut yang cantik untuk merayakan Tahun Baru Imlek

Tips memilih conditioner untuk rambut kering