21 Cara mengatasi rambut kering secara alami

Bermasalah dengan rambut kering? Jangan khawatir, ada cara mengatasi rambut kering secara alami yang bisa kamu terapkan dengan mudah.
Setelah ketombe, rambut kering menjadi masalah rambut paling banyak yang kami temukan. Faktornya beragam, mulai dari kebiasaan merawat dan menata rambut yang kurang tepat, hingga fakstor eksternal seperti cuaca. Bisa dibilang tinggal di iklim tropis yang hampir sepanjang tahun terpapar sinar matahari terik bisa menjadi salah satu penyebabnya.
Coba ingat-ingat apakah selama ini kamu sudah keramas dan mengeringkan rambut dengan tepat? Atau saat menatanya, apakah kamu sering mencatok dan mewarnai rambut? 
Untuk lebih jelasnya, simak 20 cara mengatasi rambut kering secara alami berikut ini.



Cara mengatasi rambut kering secara alami




1. Keramas dengan air dingin

Meski nyaman di kulit, air hangat ternyata dapat meluruhkan minyak alami rambut lho! Suhu yang paling pas untuk keramas adalah sedikit lebih hangat dari suhu tubuh kita.

2. Pilih shampoo yang tepat.

Untuk rambut kering, pilih shampoo yang mengandung bahan yang bisa memberikan kelembapan tambahan bagi rambutmu.
Favorit kami adalah minyak alami yang memang sudah terkenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Seperti Green Angelica Hair Shampoo yang mengandung minyak zaitun, kelapa, argan, almond, dan tea seed oil. Lanjutkan dengan memakai Green Angelica Hair Serum Conditioner supaya rambutmu terjaga kelembapannya!

3. Pakai deep conditioner.

Jika wajahmu bisa menggunakan sleeping mask atau krim malam, rambutmu juga bisa mendapatkan treatment serupa di malam hari. Kamu juga bisa membuat sendiri masker rambut dari bahan alami di rumah. Caranya, campurkan ¼ cup extra virgin olive oil, ½ cup shea butter, 2-3 sendok makan cuka apel, dan satu buah alpukat matang. Blender semua bahan sampai tercampur rata, lalu aplikasikan pada rambut dan diamkan selama 30-45 menit. Bilas sampai bersih setelahnya.

Selain menggunakan masker buatan sendiri, ada cara mengatasi rambut kering secara alami yang lebih praktis lagi. Kamu  bisa creambath menggunakan Hair Creambath yang bisa membantu menguatkan rambut dan menyehatkan kulit kepala.

4. Berikan nutrisi tambahan pada rambut.

Pakai vitamin rambut secara rutin minimal satu kali seminggu. Favorit kami adalah  perawatan ini, jangan lupa tambah kelembapan rambutmu menggunakan Green Angelica Hair Serum Vitamin.
Vitamin rambut ini tak hanya berfungsi melembapkan rambut, tapi juga efektif membuat rambutmu lebih halus dan lembut, serta lebih mudah diatur.

5. Gunakan lemon.

bahan-bahan untuk membuat masker rambut lemon
Lemon dapat membuat kulit kepala lebih bersih dan sehat. (Foto: Shutterstock)
Setelah bilasan terakhir, gunakan satu sendok teh air perasan lemon ke seluruh batang rambut lalu keringkan seperti biasa. Cara ini bisa membantu menyehatkan rambut dan membuatnya berkilau.

6. Resep alpukat dan pisang.

Lemak dari alpukat dan kandungan nutrisi dalam pisang adalah kombinasi ampuh sebagai cara mengatasi rambut kering secara alami. Caranya hancurkan satu buah pisang dan satu buah alpukat yang sudah matang. Haluskan hingga lembut seperti krim dan aplikasikan pada rambut, diamkan selama 20 menit sebelum dibilas.

7. Perawatan dengan madu.

Madu biasa digunakan sebagai salah satu cara alami mengatasi rambut kering. Campur satu sendok conditioner yang kamu pakai sehari-hari dengan 2 sendok makan  madu. Aplikasikan di seluruh batang rambut dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dan keramas seperti biasa.

8. Perawatan hot oil.

Campurkan 2 sendok teh minyak almond, 2 sendok teh minyak zaitun, 2 sendok teh minyak jojoba, dan 2 sendok teh minyak kelapa. Lalu hangatkan di atas api kecil hingga suam-suam kuku. Aplikasikan ke seluruh rambut lalu tutup dengan handuk kering dan diamkan selama 30 menit. Setelahnya, keramas seperti biasa.

9. Gunakan yoghurt dan telur.

Begini cara membuat masker rambut dari yoghurt dan telur. Kocok 2 butir telur, 2 sendok teh yoghurt, dan tambahkan satu sendok teh madu. Aduk hingga kental dan usapkan secara merata pada batang rambut. Remas secara perlahan agar lebih meresap ke dalam tiap helai rambut. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air dingin seperti biasa.

10. Resep baking soda.

Campur sedikit baking soda pada shampoo yang kamu gunakan, aduk hingga kental. Pakai campuran tersebut pada rambut dan rapikan dengan sisir bergigi jarang. Diamkan selama 20 menit dan bilas rambut seperti biasa.

11. Stroberi untuk efek kilau.

Wanita Asia dengan rambut sebahu bergelombang.
Rambut sehat berkilau idaman semua orang!
Hancurkan 5 buah stroberi dan campurkan 2 sendok yoghurt dalam blender. Kocok hingga campurannya mengental. Aplikasikan mulai dari akar hingga ujung rambut. Setelahnya, tutup kepala dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas.

12. Gel lidah buaya.

Lidah buaya terkenal karena dapat melembapkan kulit dan rambut. Caranya, gunakan gel lidah buaya dari kulit kepala hingga ke ujung rambut lalu tutup kepala dengan shower cap. Bilas rambut pada pagi hari.

13. Gunakan minyak argan.

Minyak argan dikenal memiliki banyak manfaat untuk rambut, salah satunya yakni dapat menguatkan rambut rapuh dan mudah rontok. Cara pakainya, gunakan beberapa tetes minyak argan pada telapak tangan lalu pijat kulit kepala hingga ke ujung rambut.  Diamkan selama satu jam, lalu bilas dengan shampoo hingga bersih.

14. Masker madu dan susu.

Lemak susu dan vitamin E dari madu adalah kombinasi yang tepat untuk memberikan kelembapan pada rambut. Caranya, campurkan 5 sendok susu full cream dengan 2 sendok teh madu. Gunakan campuran pada seluruh bagian rambut dan biarkan selama 15 menit. Setelahnya keramas seperti biasa.

15. Pakai heat protection spray.

Kalau kamu sering mencatok atau mengeriting rambut, jadikan heat protection spray sebagai produk yang selalu ada di rumahmu. Alat-alat styling yang bersuhu panas, termasuk hairdryer, bisa membuat rambutmu semakin kering dan rusak.


Semprotkan dari jarak 10-15 cm agar produk tidak menumpuk di satu titik rambut saja. Gunakan secara rutin karena kandungan keratin di dalamnya bisa melindungi rambut dari suhu panas yang ekstrem sekaligus membuatnya mudah diatur dan terlihat lebih berkilau.

16. Gunakan pengering rambut yang mengandung ion.

Alat styling dengan ion memiliki ion negatif, sedangkan saat rambut dalam keadaan basah, ion yang terdapat pada setiap helai rambut kita bersifat positif. Tugas pengering rambut yang mengandung ion adalah membantu ion ini agar meresap hingga ke molekul rambut sehingga rambut tetap lembap.

17. Pilih suhu medium.

Keluar uang lebih untuk membali alat-alat penata rambut yang berkualitas tidak apa-apa. Justru sangat kami anjurkan. Daripada tergoda untuk membeli produk murah tapi kualitasnya tidak jelas, lebih baik investasikan uangmu pada alat-alat yang terjamin kualitasnya dan memiliki fitur-fitur penting yang dibutuhkan oleh rambutmu. 
mengeriting rambut dengan catokan
Yuk stop kebiasaan ‘menyiksa’ rambut! (Foto: Hariono Halim)
Misalnya fitur pengatur suhu. Jika kamu menggunakan flat iron atau pengering rambut, pastikan alat tersebut memiliki pengatur suhu. Coba panaskan lebih dulu selama sekitar 5-7 menit sebelum dipakai. Sebisa mungkin pilih suhu yang paling rendah atau kurang dari 148 derajat celsius, terutama untuk rambut kering dan tipis. Jika lebih dari itu, helai-helai rambut akan lebih cepat terpanggang dan rusak. Kamu tentu nggak mau dong rambutmu yang sudah terlanjur kering itu semakin parah akibat kelalaian saat menata rambut? Makanya mulai peduli dengan rambut sendiri sebagai langkah pertama sebagai cara mengatasi rambut kering secara alami.

18. Biarkan rambut sesekali istirahat.

Saat rambut dalam keadaan sangat kering, coba rehatkan sejenak dari alat-alat styling. Biarkan rambutmu bernapas. Gerai saja rambutmu tanpa perlu ditata macam-macam. Namun, kalau kamu tetap ingin bereksperimen dengan gaya-gaya rambut yang tidak membutuhkan penggunaan alat, misalnya gaya kepang rambut, updo, atau high ponytail.

19. Rajin memotong rambut.

Seorang penata rambut sedang memotong rambut
Rutin memotong rambut atau trim dapat mengurangi potensi rambut menjadi kering. (Foto: iStockphoto by Getty Images)
Semakin ke ujung, minyak alami rambut dan nutrisi yang diterima rambut dari kulit kepala semakin sedikit. Oleh karena itu, rambut bagian bawah lebih sering menjadi kering dibandingkan bagian lainnya. Ingin potong rambut namun ragu model rambut pendek apa yang pas untuk kamu?

Setelah mengetahui cara-cara mengatasi rambut kering secara alami, kamu juga harus ingat bahwa semua berawal dari pola hidup sehat. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk terus mengonsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup setiap hari ya!

Layanan Konsultasi :
Ella         : 082234813382 (Simpati)
WA         : http://bit.ly/WhatsappGApenumbuhrambut
Line        : http://bit.ly/lineGApenumbuhrambut

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial sanggul pengantin modern untuk wajah bulat

Tips memilih conditioner untuk rambut kering

Tips memilih warna rambut sesuai warna kulit