7 Penyebab rambut rontok pada wanita dan cara mengatasinya



Penyebab rambut rontok pada wanita ada banyak. Kebiasaan-kebiasaan yang kamu anggap sepele ternyata bisa menjadi penyebab utama lho!
Setiap orang pasti pernah mengalami masalah rambut rontok. Yang membedakan adalah jumlah helaian rambut yang rontok dan faktor penyebabnya
Pertama-tama kita mesti pahami bahwa rata-rata rambut rontok per hari sebanyak 100 helai. Ini adalah jumlah batang rambut yang sudah tua dan perlu berganti. Namun jika jumlah rambut rontok melebihi itu dan tidak segera diatasi, lambat laun rambut menjadi tipis dan garis rambut semakin terlihat.
Penyebab rambut rontok pada pria dan wanita bisa berbeda. Pada wanita, penataan rambut yang berlebihan bisa menjadi penyebabnya. Yuk cari tahu apa saja faktor-faktor penyebab rambut rontok pada wanita dan bagaimana cara mengatasinya!



Penyebab rambut rontok pada wanita




1. Kulit kepala tidak sehat.

Kebiasaan yang selama ini kita anggap sepele bisa jadi menyumbang kerontokan pada rambut. Pastikan kamu sudah keramas dengan benar.
Pilih shampoo yang tak hanya membersihkan rambut, namun juga kulit kepala. Ingat, kulit kepala memiliki folikel yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehetan rambut. Pada kondisi kulit kepala yang tidak sehat, rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Sementara rambut baru pun sulit tumbuh.
Untuk menjaga kesehatan kulit kepala, kami rekomendasikan Green Angelica Hair Shampoo yang bisa menutrisi kulit kepala serta mengurangi rambut rontok.

Shampoo ini diperkaya dengan vitamin E dan Zinc Essence yang berguna untuk merawat kulit kepala dan membantu menguatkan rambut dari akar hingga ujungnya. Lanjutkan dengan memakai Green Angelica Hair Serum Conditioner untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Rambut patah di tengah.

Ada beberapa jenis rambut rontok. Ada yang tercabut dari akarnya, ada juga yang patah di tengah batang rambut.
Wanita asia dengan rambut hitam menata gaya rambut pin up hair menyemprotkan spray rambut
Jadikan heat protection spray produk perawatan rambut andalanmu. (Foto: Hariono Halim)
Rambut patah juga bisa disebabkan oleh penataan rambut yang berlebihan. Misalnya, sering menggunakan catokan (flat iron) atau curling iron tanpa memakai heat protection spray hingga sering mengikat rambut terlalu kencang. Solusinya adalah selalu memakai Green Angelica Hair Serum Spray agar rambut lebih terlindungi meskipun terpapar suhu panas ekstrem alat-alat styling.
Kandungan keratin yang terdapat di dalamnya bisa melapisi rambut dan mencegahnya rusak. Selain itu, spray ini juga bisa membuat rambut lebih mudah diatur dan tampak lebih berkilau.

3. Rambut bercabang.

infografik yang menjelaskan tipe-tipe rambut bercabang
Masuk dalam tipe apakah rambutmu? (Infografis: Gilang Aditya)
Rambut terdiri dari dua komponen penting, yaitu kutikel (selaput rambut) dan cortex (kulit rambut). Kutikel merupakan lapisan terluar rambut dan bertugas menjaga keutuhan inti rambut. Sedangkan cortex bertugas mengontrol permasalahan yang lebih mekanis, seperti mengatur fleksibilitas rambut, kelembutan, dan juga kemudahan dalam mengatur rambut.
Kondisi rambut bercabang adalah saat kutikel terbelah menjadi dua atau lebih. Hal ini disebabkan oleh lapisan luar rambut yang rusak. Kerusakan kutikel rambut ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Menurut Peter Bailey, Manajer Teknis Departemen Perawatan Rambut di Unilever Global, ada dua tanda lapisan rambut bagian luar rusak.
“Jika lapisan luar rambut terekspos kerusakan, rambut biasanya menjadi bercabang di bagian ujung atau patah di tengah.”
Agar rambut bercabang tidak menjadi penyebab rambut rontok pada wanita yang membahayakan, kamu harus segera merawatnya dengan menggunakan produk perawatan rambut yang tepat. Green Angelica Hair Shampoo andalan kami untuk mengatasi masalah ini. Shampoo ini mengandung Trichazole yang bisa menutrisi akar rambut dan membantu menguatkannya. Jangan pernah menyepelekan manfaat conditioner. Lanjutkan dengan memakai Green Angelica Hair Serum Conditioner agar nutrisinya lebih dapat meresap hingga ke kutikel rambut.

4. Salah penataan rambut.

Selain sering mencatok rambut dan mengikatnya terlalu kencang, menyisir rambut yang tidak tepat juga bisa menjadi dalang penyebab rambut rontok pada wanita. Terutama pada wanita dengan rambut panjang.
Penyebab rambut rontok pada wanita bisa berasal dari kebiasaan menyisir yang salah.
Kebiasaan menyisir yang salah bisa menjadi penyebab rambut rontok pada wanita. (Foto: Hariono Halim)
Pertama-tama, kamu perlu memilih jenis sisir yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya bedakan sisir untuk menyisir rambut sehari-hari dengan yang digunakan untuk blow dry. Begitu sisir rambut keriting dengan rambut lurus. Tak yakin sisir apa yang tepat? Cari tahu jenis-jenis sisir yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.
Sedikit tip dari kami, hindari menyisir rambut dalam keadaan basah untuk untuk mencegah rambut rontok, serta yang tak kalah penting, jangan memaksa menyisir rambut dengan kencang saat ada rambut yang kusut.

5. Ketombe parah.

Wanita Asia rambut panjang sedang menggaruk kepala
Jangan sampai ketombe mengusir kepercayaan dirimu! (Foto: Shutterstock)
Salah satu penyebab rambut rontok pada wanita maupun pria adalah ketombe parah. Mengapa? Sebab keadaan kulit kepala yang kering dan berketombe membuat folikel tidak mampu melindungi rambut dengan benar. Keadaan kulit kepala yang tidak sehat menjadi tidak kondusif sebagai tempat menumbuhkan rambut.
Salah satu rekomendasi shampoo anti ketombe yang kami rekomendasikan adalah Green Angelica Hair ShampooSelain dapat membersihkan dan meredakan ketombe, kandungan menthol di dalamnya juga bisa menyegarkan kulit kepala. Ketombe pergi dan rambut pun bebas lepek!

6. Ketidakseimbangan hormon.

Hormon yang tidak seimbang merupakan salah satu penyebab rambut rontok pada wanita, terutama pada wanita hamil. Namun tidak semua pasti mengalaminya. Hal ini wajar dan biasanya kondisi akan kembali seperti semula setelah melahirkan, yakni saat kondisi hormon secara perlahan kembali ke level normal.
Hal ini tidak akan berlangsung lama, yang penting usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat, melakukan perawatan rambut, menghindari stres.

7. Diet yang salah.

Tidak selamanya faktor eksternya menjadi penyebab rambut rontok pada wanita. Ungkapan “you are what you eat” benar adanya. Untuk urusan rambut rontok, diet ketat bisa menjadi biang keladi. Asupan nutrisi yang melorot drastis bisa membuat rambut kekurangan nutrisi. Hasilnya, rambut jadi mudah rontok.
Pastikan kamu asupan protein dan mineral yang masuk ke dalam tubuhmu cukup. Sebagai perawatan ekstra, kamu bisa menambahkan suplemen seperti vitamin A yang bagus untuk pertumbuhan rambut. Yang tak kalah penitng, usahakan untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari agar kulit kepalamu selalu sehat.
Selamat mencoba!

Customer Care

Ella        : 082234813382 (Simpati)
WA        : http://bit.ly/WhatsappGApenumbuhrambut
BBM     : http://bit.ly/bbmGApenumbuhrambut
Line       : http://bit.ly/lineGApenumbuhrambut

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial sanggul pengantin modern untuk wajah bulat

7 Cara menebalkan rambut tipis dengan mudah

Tips memilih conditioner untuk rambut kering