9 Fakta rambut rontok yang wajib kamu tahu!



Rambut rontok bisa jadi momok menakutkan bagi banyak orang.  Sebelum semakin parah, kenali beberapa fakta rambut rontok agar kamu tahu cara mengatasinya.
Saat sedang bermasalah dengan rambut rontok, kamu mungkin punya banyak pertanyaan di kepala. Benar nggak ya kebiasaan mengikat dan menjepit rambut bikin rambut rontok? Apakah rambut rontok saat keramas hal yang normal? Memungkinkan nggak ya memanjangkan rambut jika rambut terus menerus rontok? Jawabannya: kamu bisa mengatasi masalah ini.
Kuncinya satu, jangan buru-buru memasuki mode panik saat rambut rontok!  Kami akan memaparkan fakta-fakta tentang rambut rontok yang perlu kamu tahu. Cari tahu kebenarannya supaya kamu tidak terjebak pada perawatan rambut yang salah.



9 Fakta rambut rontok




1. Rambut rontok adalah proses alamiah.

Rambut rontok pada sisir
Cara menyisir yang salah bisa menyebabkan rambut rontok. (Foto: Shutterstock)
Yup, kamu tidak salah dengar. Rambut rontok adalah hal yang sangat wajar. Menurut pakar rambut, kerontokan rambut yang normal berada di ambang 100-150 helai per harinya. Sama seperti sel, rambut juga mengalami regenerasi. Jika kamu rasa jumlah rambut yang rontok melebih angka tersebut, kamu perlu waspada. Bisa jadi ada faktor internal yang menyebabkan rambut rontok secara berlebihan.

2. Ada dua jenis rambut rontok.

Tidak semua rambut yang rontok tercabut dari akarnya. Pada kebanyakan kasus, biasanya rambut rontok karena bercabang dan patah di bagian tengahnya.
Tidak jarang hal ini disebabkan oleh folikel rambut yang melemah sehingga rambut kehilangan kekuatannya untuk bertahan.

3. Cara mengeringkan dan menyisir rambut sangat berpengaruh.

Wanita asia dengan rambut keriting pendek warna hitam mengeringkan rambut dengan handuk microfiber
Gunakan handuk microfiber yang teksturnya lebih halus. (Foto: Hariono Halim)
Kalau kami sering mengeringkan rambut dengan cara menggosokkan rambut dengan keras menggunakan handuk biasa, hentikan kebiasaan ini sekarang juga. Jika dilakukan terus menerus, gesekan kencang yang terjadi bisa membuat membuat kutikel rambut terbuka dan rambut menjadi gampang kusut dan rontok.
Untuk mengeringkan rambut dengan cepat, ganti handukmu yang biasa dengan handuk microfiber yang teksturnya lebih halus. Keringkan rambut dengan cara meremas-remas rambut secara perlahan. Tip ini juga bisa dicoba pada rambut keriting. Selain handuk microfiber, kamu juga bisa menggunakan kaus katun yang bersih.
Hindari pula menyisir saat rambut basah. Dalam kondisi basah, rambut lebih rapuh dan gampang tercabut dari akarnya. Diamkan beberapa saat agar kering secara alami, lalu sisir secara perlahan. Untuk model rambut panjang, sisir dari bagian tengah hingga ujung rambut, lalu baru lanjut menyisir bagian akar. Rambut keriting mebutuhkan perlakuan yang sedikit berbeda. Kamu justru disarankan untuk menyisir saat rambut basah atau lembap menggunakan sisir bergigi jarang. Tujuannya agar rambut tidak kusut dan rontok.

4. Gunakan shampoo yang tepat.

Shampoo adalah pondasi utama perawatan rambut. Untuk itu dibutuhkan lebih dari sekadar ‘cocok’ agar rambutmu tidak mudah rontok. Kamu harus memilih produk yang tepat. Jika rambut rontokmu sudah parah, kamu bisa mencari shampoo yang mengandung minyak biji bunga matahari. Minyak yang memiliki nama lain oleic acid ini dapat menstimulasi pertumbuhan rambut baru.
Produk favorit kami yang memiliki kandungan tersebut adalah Green Angelica Hair Shampoo.

Formula shampoo ini dapat melindungi setiap helai rambut secara efektif. Gunakan secara rutin dengan Green Angelica Hair Serum Conditioner untuk mendapatkan efek maksimal, yakni rambut rontok berkurang hingga 98%!
Tip editor: Khusus untuk pemakai hijab, kami rekomendasikan untuk mengganti shampoo dan conditioner biasa dengan Green Angelica Hair ShampooEkstrak ginseng yang terdapat di dalamnya telah dipercaya ratusan tahun lalu sebagai bahan alami untuk merawat  dan menguatkan rambut.

5. Pemakaian conditioner wajib hukumnya.

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa kondisi rambut ini bisa disebabkan oleh batang rambut yang mudah patah. Dalam keadaan basah, rambutmu sangat rapuh, sehingga keramas saja tidak cukup. Fungsi conditioner adalah untuk memberikan kelembapan yang dapat meresap dengan lebih maksimal ke dalam kutikel agar rambut tidak mudah patah saat dikeringkan.
Conditioner favorit kami untuk masalah rambut ini adalah Green Angelica Hair Serum Conditioner.

Dengan bahan-bahan yang diformulasikan khusus untuk rambut rontok, conditioner ini cocok untuk digunakan sehari-hari!

6. Diet yang salah.

Ungkapan “you are what you eat” bukanlah isapan jempol belaka. Apakah kamu pernah mengalami kulit kering dan rambut kusam saat menjalani diet ekstrem? Jika tidak mendapatkan asupan protein yang cukup, tubuh akan mengambil protein dari bagian tubuh yang tidak terlalu penting dan mendistribusikannya ke bagian yang lebih membutuhkan nutrisi. Oleh karena itu pastikan kamu mengonsumsi makanan yang dengan kandungan protein hewani dan nabati yang tinggi.

7. Overstyling bisa menyakiti kulit kepala.

Penataan rambut yang berlebihan dapat membuat rambut tercerabut dari akarnya. Hindari mengikat rambut terlalu kencang atau terlalu sering menata rambut dengan gaya berlebihan. Misalnya gaya rambut cornrow di bawah ini.
wanita-kaukasia-dengan-rambut-cornrow
Model rambut yang terlalu kencang bisa berkontribusi pada kerontokan rambut. (Foto: iStockphoto by Getty Images)
Selain itu, kalau kamu cukup sering memakai wig atau rambut sambungan, pastikan kamu melakukan perawatan ekstra untuk mengimbanginya. Salah satu caranya adalah mengurangi penggunakan alat-alat styling bersuhu panas. Jika ingin mendapatkan rambut lurus,

8. Ketombe adalah musuh terbesarmu.

Ketombe yang sangat parah dapat menyebabkan rambut rontok. Mengapa? Untuk tetap tumbuh, rambut memerlukan kulit kepala yang sehat dan dengan distribusi minyak yang baik. Jangan anggap sepele masalah ketombe yang kamu alami. Atasi dengan menggunakan produk yang tepat.
Sebagai perawatan dasar, gunakan shampoo dengan kandungan Zinc. Shampoo ini diformulasikan dengan Nutrium 10, perpaduan 10 nutrisi dan ekstrak tumbuh-tumbuhan. Bila digunakan secara teratur, kandungan di dalamnya akan mengaktifkan lapisan pelindung kulit kepala alami untuk melawan ketombe.

9. Masker alami bisa bantu menguatkan rambut.

Salah satu cara untuk membuat rambutmu tetap sehat adalah dengan memastikan kebutuhannya terpenuhi. Selain keramas rutin, tambahkan perawatan ekstra dengan memakai masker rambut untuk relaksasi kulit kepala.
Selain beli yang instan, kamu juga bisa mencoba membuat masker rambut alami. Misalnya dari minyak kelapa, buah-buahan, atau oatmeal. 

Setelah mengetahui fakta-fakta seputar kerontokan rambut, segera lakukan perubahan dan mulai lakukan perawatan. Bye-bye, rambut rontok!

Customer Care :
Ella : 0822-3481-3382
WA Klik: http://bit.ly/082234813382
BBM : http://pin.bbm.com/D8402DBA
Line : http://line.me/ti/p/~penumbuhrambutampuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial sanggul pengantin modern untuk wajah bulat

7 Cara menebalkan rambut tipis dengan mudah

Tips memilih conditioner untuk rambut kering