4 Cara jitu untuk mengatasi rambut berminyak



Satu-satunya panduan tentang penyebab dan cara mengatasi rambut berminyak yang kamu perlukan.
It’s ok, semua orang pasti pernah mengalami yang namanya rambut berminyak. Rambut kering sekalipun tidak akan bisa menghindari fenomena rambut berminyak. Bukan hanya cuaca tropis Indonesia yang lebih panas dan lembap, loh yang patut dicurigai. Kebiasaanmu dalam menata rambut, hormon yang tidak seimbang, bahkan salah memilih produk pun bisa jadi penyebabnya.
Biasanya, gejala rambut berminyak bisa dilihat dari akar rambut terlebih dahulu. Keberadaan minyak di kulit kepala ini yang akan membuat rambut terlihat lebih berat ke bawah, dan akar rambut yang semakin menurun. Padahal ciri rambut yang sehat dan bersih adalah akar yang cukup bervolume.
Simak artikel ini sampai tuntas untuk tahu lebih banyak tentang penyebab, cara mencegah, hingga mengatasi rambut berminyak!



Kupas tuntas rambut berminyak




Penyebab rambut berminyak.

Daripada bingung dan bertanya-tanya solusi rambut berminyak pada orang-orang sekitarmu, sebaiknya kamu identifikasi dulu penyebabnya dengan menimbang beberapa faktor. Pertama, kamu harus analisa apakah produk perawatan rambutmu sudah tepat. Kedua, kondisi tubuh yang kurang makanan bergizi atau kurang istirahat. Ketiga, penataan rambut yang kurang tepat.
Apakah kamu baru saja ganti shampoo? Atau shampoo-mu tidak sesuai dengan kondisi rambutmu? Terkadang tanda-tanda bahwa suatu produk shampoo tidak cocok pada rambutmu bukan hanya ketombe atau rasa gatal pada kulit kepala. Biasanya, shampoo yang kurang melembapkan dan kulit kepala dapat membuat kulit berkompensasi terhadap kekeringan tersebut; kulit kepala jadi memproduksi minyak berlebih. Karena itu, kamu perlu pemilihan shampoo yang sesuai dengan kondisi rambut. Pastikan juga conditioner yang kamu gunakan dapat bersinergi dengan shampoo pilihanmu.
Wanita asia dengan rambut panjang dan hitam menata rambut berminyak.
Ciri-ciri rambut berminyak terlihat dari bagian akarnya yang cenderung kempes dan tidak mengembang sempurna. (Foto: Hariono Halim)
Makanan bergizi dan tidur yang cukup adalah sebuah kewajiban khusus dalam memiliki rambut sehat. Kurang tidur dan stres dapat memicu timbulnya hormon kortisol atau dikenal juga stres hormon. Salah satu hormon yang berhubungan langsung dengan permasalahan rambut adalah si hormon yang dikenal dengan nama lain hormon stres ini!
Selain itu, penting juga untuk mencatat apakah caramu menata rambut selama ini kurang tepat. Jika rambutmu tipis dan sangat mudah lepek, kamu bisa mencoba melakukan blow dry atau mengeringkan rambut dengan hair dryer sembari mengangkat akarnya. Membiarkan rambut basah di bagian akar dalam waktu yang lama akan membuat akar rambut terbiasa pada posisi tidur.

Cara ampuh mengatasi rambut berminyak

1. Kenali kondisi rambutmu.
Apakah kamu tim keramas dua hari sekali, atau keramas setiap hari? Jangan ikut-ikutan tren atau teman. Kamu harus mendengarkan kebutuhan rambutmu, karena masing-masing kondisi rambut sangat unik. Karena itu sebaiknya kamu keramas sesuai kebutuhan.
Untuk kondisi rambut normal, kami menyarankan untuk keramas dua hari sekali demi hasil terbaik. Namun jika rambutmu sangat berminyak, keramas setiap hari sangat dianjurkan kok. Terlebih jika kamu olahraga setiap hari, sisa keringat dan minyak-minyak rambut.

Jika kamu punya rambut lepek dan mudah berkeringat, coba deh gunakan Green Angelica Hair Shampoo yang memiliki kemampuan membuat rambut terlihat lebih bervolume hingga 95%.

2. Menggunakan conditioner dengan benar.
Banyak yang salah paham terhadap penggunaan conditioner. Pertama, kamu harus memahami beda shampoo dan conditioner. Shampoo adalah produk perawatan rambut untuk mencuci rambut. Sedangkan conditioner berguna sebagai produk yang bertugas melembapkan batang rambut dan mengembalikan minyak alami rambut yang terbilas shampoo. Minyak alami rambut ini sendiri diperlukan agar rambut lebih mudah diatur.
memakai conditioner di ujung rambut saja
Cukup pakai conditioner di ujung dan batang rambut saja! (Foto: Hariono Halim)
Pastikan kamu menggunakan conditioner hanya di bagian ujung rambut saja, ya! Jangan menggunakan conditioner di kulit kepala ya, karena conditioner sulit dibilas jika sudah menempel di akar rambut. Hasilnya, batang rambut akan cenderung lebih lemas, kempes, dan tidak bisa tegak dengan sempurna. Gunakan hanya pada ujung rambut, mulai dari bagian tengah hingga ke ujungnya. Padukan shampoo-mu dengan Green Angelica Hair Serum Conditioner yang mampu melembapkan rambut tanpa membuat rambut terasa berat.
Pertimbangkan juga untuk menambahkan minyak zaitun ke dalam ritual perawatan rambutmu.

3. Segera keringkan rambut
Jangan menunda-nunda apalagi tidur dalam keadaan rambut masih lembap! Rambut yang kering sempurna, bentuknya akan terlihat lebih maksimal. Kami tidak menyarankan untuk selalu mengeringkan rambut dengan hairdryer, tapi, pastikan rambut sudah benar-benar kering sebelum kamu menata rambut, memakai hijab, apalagi tidur!
Tip editor: Untuk yang tidak punya hairdryer, coba cara berikut. Saat rambut dalam kondisi basah, sisir rambut ke atas hingga akar rambutnya terangkat naik. Gunakan sisir bergigi jarang dan secara perlahan agar rambut tidak tersangkut ataupun patah. Saat akar rambut sudah terangkat, bentuk rambut akan lebih bervolume dan tidak lepek saat kering serta akan lebih menuruti arah sisiran rambutmu.

4. Solusi darurat rambut lepek dan berminyak.
Pernah mengalami rambut telanjur lepek padahal kamu masih harus beraktivitas? Saat tidak sempat keramas, kamu bisa mencoba beberapa variasi gaya rambut anti lepek, salah satunya adalah menggunakan scarf sebagai aksesori rambut berikut ini!



Tutorial gaya rambut untuk atasi rambut lepek dan berminyak




Wanita asia dengan rambut panjang hitam membuat ponytail - tips atasi rambut berminyak
1

Mengikat rambut.

Kuncir seluruh bagian rambut menjadi ponytail lalu ikat dengan karet. Gunakan karet rambut warna hitam agar tersamarkan dengan warna alami rambut.
Wanita asia dengan hitam panjang menata rambut cepol - tips atasi rambut berminyak
2

Membuat cepol.

Tahapan selanjutnya adalah dengan twist ponytail yang sudah terbentuk menjadi cepol, kemudian jepit menggunakan bobby pin.
Wanita asia dengan rambut hitam panjang menggunakan scarf di kepala - tips mengatasi rambut berminyak
3

Pasang scarf.

Untuk menyiasati rambut lepek di bagian depan rambut, pasang scarf mulai dari bagian belakang dengan kedua ujung di atas dahi, lalu ikat keduanya menjadi simpul.
Wanita asia dengan rambut hitam menata scarf rambut - tips atasi rambut berminyak
4

Gulung menjadi bentuk bunga.

Twist sisa scarf yang menjuntai hingga ujungnya. Kemudian gulung dalam gerakan melingkar hingga menyerupai cepol. Selipkan ujungnya yang tersisa di bawah scarf.
Wanita asia dengan rambut hitam menata scarf rambut - tips atasi rambut berminyak
5

Kunci dengan hairspray.

Semprotkan Hairspray pada tatanan rambut agar tahan lebih lama. Selain membuat tatanan rambut awet, hairspray favorit kami ini juga tidak membuat rambut lengket ataupun kaku!
Wanita asia dengan rambut cepol warna hitam menggunakan scarf rambut warna biru - tips mengatasi rambut berminyak
6

Tampilan akhir.

Ini dia hasil akhir dari gaya scarf top knot yang bisa kamu andalkan saat darurat. Tampil kece saat rambut berminyak? Bisa kok!

Keadaan rambut berminyak akan semakin parah jika didiamkan berlarut-larut. Minyak yang menumpuk di kepala akan menyumbat pori-pori di kulit kepala, sehingga membuat keadaan tidak kondusif. Jika dibiarkan, keadaan ini bisa mengakibatkan rambut rontok parah lho! Untuk itu, yuk ikuti tips dari kami supaya rambutmu bebas dari minyak berlebihan dan selalu tampak maksimal!

 Customer Care :
Ella        : 0822-3481-3382
WA Klik: http://bit.ly/082234813382
BBM     : http://pin.bbm.com/D8402DBA
Line       : http://line.me/ti/p/~penumbuhrambutampuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial sanggul pengantin modern untuk wajah bulat

Tips memilih conditioner untuk rambut kering

Tips memilih warna rambut sesuai warna kulit