Perawatan keratin untuk rambut keriting dan bergelombang



Panduan lengkap untuk kamu yang ingin mencoba perawatan keratin.
Memiliki rambut lurus idaman banyak orang. Hal ini m iklim tropis dengan kelembapan tinggi dapat berpengaruh pada kadar kekeringan rambut, kita selalu berusaha agar rambut terhindar dari frizz atau flyaways yang cenderung membuat rambut terlihat mengembang.
Karena itulah, berbagai perawatan pelurusan rambut laris manis di Indonesia. Mulai dari rebonding, smoothing, hingga kini keratin treatment. Nah, perawatan keratin sendiri digadang-gadang menjadi metode pelurusan rambut yang sehat dan tidak merusak rambut. Tapi, apakah klaim yang sangat berani ini bisa dibuktikan? Kita kupas lebih dalam yuk mengenai perawatan keratin rambut.



Perawatan keratin rambut




Apa itu keratin rambut?

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa sebagian besar protein yang ada di kuku, kulit juga rambut dinamakan dengan keratin. Bahkan, 95% dari komponen rambut merupakan keratin! Keratin sendiri berfungsi untuk melapisi setiap batang rambut, dan juga memberikan kekuatan dari dalam batang rambut.
Sayangnya, keratin tidak akan bertahan selamanya. Ketika rambutmu melewati berbagai tantangan rambut mulai dari pewarnaan, penggunaan alat styling, atau bahkan panas matahari, rambut jadi harus kehilangan keratin alami. Alhasil, bagian kulit rambut (cortex) menjadi terekspos dan rambut menjadi semakin rapuh. Ciri-ciri rambut sudah kekurangan keratin adalah saat rambut mudah mengembang, sulit disisir, atau bahkan bercabang pada bagian ujung.

Bagaimana perawatan keratin dapat membantu?

Hasil perawatan keratin biasanya instan: rambut menjadi lebih lemas, lembut, dan mudah diatur. Perawatannya sendiri adalah dengan menambahkan molekul keratin kembali pada rambut. Caranya? Jalinan antara molekul keratin dan batang rambut dibuka terlebih dahulu menggunakan obat kimia, agar keduanya bisa tercampur dengan baik menggunakan keratin yang sudah terhidrolisir.
Yang membuat perawatan ini maksimal adalah penggunaan flat iron agar formula keratin yang sudah diaplikasikan akan tercampur dengan baik pada batang rambut.
Wanita asia dengan rambut hitam sedang mencatok rambut dengan flat iron
Meluruskan rambut dengan flat iron saja tidak cukup. Butuh perawatan keratin agar hasilnya maksimal. (Foto: Hariono Halim)
Selain dengan perawatan keratin di salon ada cara yang lebih instan. Kini sudah tersedia produk perawatan rambut yang menjanjikan hasil rambut lurus berkat kandungan keratin. Coba deh ganti produk perawatan rambutmu yang biasa dengan shampoo dan conditioner yang mengandung keratin berlimpah. Pengaplikasian keratin melalui shampoo dan conditioner adalah cara yang paling mudah menghasilkan rambut lurus daripada melewati proses pelurusan dengan keratin yang memiliki risiko membuat rambut rusak.

Rambut jenis apa saja yang cocok untuk perawatan keratin?

Beda jenis rambut, beda juga kandungan keratin di dalamnya. Misalnya, rambut keriting alami cenderung memiliki kandungan keratin lebih sedikit dibanding rambut lurus alami. Hal inilah yang membuat rambut lurus terkedan lebih shiny dan mudah diatur dibanding rambut keriting. Hal ini juga terjadi pada rambut kering dan rusak akibat bleaching dan pewarnaan rambut.
Jadi untuk menjawab pertanyaanmu: ya, perawatan rambut keratin bisa untuk semua jenis rambut. Namun, hasilnya tentu akan berbeda-beda dan sesuai dengan jenis rambutmu. Jika rambutmu keriting tipe C, hasilnya belum tentu lurus sempurna seperti rambut lurus yang melewati proses perawatan keratin. Namun rambut akan terasa lebih halus dan mudah diatur. Terkadang rambut lurus juga mengalami masalah rambut kering dan mengembang, karena itu kamu bisa melakukan perawatan keratin sebagai alternatif.

Perawatan keratin rambut di rumah.

Jika kamu ragu dalam mencoba perawatan keratin di salon, coba saja mulai dengan menggunakan shampoo dan conditioner yang mengandung keratin. Tahu nggak sih, kalau perawatan keratin bisa sesederhana menggunakan shampoo, conditionder dan heat protection spray?

Gunakan ketiga rangkaian produk agar hasil lebih maksimal.
Coba kombinasi Green Angelica Hair Shampoo dan Green Angelica Hair Serum Conditioner untuk membuat rambut halus lembut setiap habis keramas. Berkat kandungan keratinnya yang berlimpah, produk perawatan rambut ini dapat menjaga rambutmu tetap lurus dan halus selama 48 jam. Cocok untuk kamu yang memiliki rambut keriting dan ingin mencoba gaya rambut lurus!
Untuk membuatnya semakin maksimal, gunakan Hair Spray pada seluruh batang rambut. Spray pelindung panas ini bisa digunakan sebagai serum pelindung rambut sebelum dicatok.

Cara meluruskan rambut dengan produk keratin di rumah.

Wanita asia dengan rambut cokelat sedang mengeringkan rambur dengan hairdryer

Keringkan rambut.

Gunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut dengan sempurna sebelum menatanya dengan flat iron. Mencatok rambut saat basah akan membuat rambutmu kering karena terpanggang besi panasnya. ALih-alih mendapatkan rambut lurus dan sleek, rambutmu menjadi kering dan rusak.

Pakai heat protection spray.

Sebelum mencatok rambut, lindungi batang rambutmu dengan menyemprotkan hair spray. Gunakan di seluruh batang rambut secara merata, terutama pada bagian rambut yang akan dicatok.
Wanita asia dengan rambut cokelat membagi tiga rambut

Bagi rambut.

Bagi rambut menjadi tiga bagian agar lebih mudah saat meluruskan rambut. Mulai mencatok dari bagian paling bawah rambut.
wanita asia dengan rambut cokelat mencatok rambut.

Catok rambut.

Agar hasil lebih halus dan lembut, gunakan bantuan sisir sasak saat mencatok rambut. Mulai dengan suhu catokan yang sedang (130°C- 150°C) agar rambutmu tidak kering dan rusak.Jepit rambut dengan flat iron mulai dari ujung lalu beranjak naik ke atas dekat dengan akar.
Wanita asia sedang mencatok rambut - perawatan keratin rambut

Fokus pada bagian yang sulit.

Catok hingga seluruh bagian rambut selesai diluruskan. Untuk beberapa bagian rambut yang lebih sulit diluruskan, misalnya dekat akar, tahan jepitan rambut selama beberapa detik agar hasilnya lebih maksimal. Jangan lupa untuk selalu menyisir rambut sembari mencatoknya agar hasilnya lurus dan lembut.
Tampilan akhir rambut keriting panjang yang telah diluruskan.

Tampilan akhir.

Selesai deh! Tidak sulit kan mencoba perawatan keratin di rumah untuk meluruskan rambut keriting?

Satu hal yang perlu kamu ingat, baik melakukan perawatan keratin rambut di rumah ataupun salon, keduanya sama-sama membutuhkan flat iron agar rambut dapat lurus sempurna. Kalau sudah yakin dengan pilihanmu, jangan lupa untuk tetap melakukan perawatan rambut setelahnya ya!

 Customer Care
Ella : 082234813382 (Simpati)
WA Klik: http://bit.ly/082234813382
BBM : http://pin.bbm.com/D8402DBA
Line : http://line.me/ti/p/~penumbuhrambutampuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial sanggul pengantin modern untuk wajah bulat

Tips memilih conditioner untuk rambut kering

Tips memilih warna rambut sesuai warna kulit