13 Manfaat Garam untuk Wajah Cantik Alami Bebas Jerawat, Komedo dll

Manfaat Garam untuk Wajah – Siapa sih yang tidak kenal dengan garam? Semua orang normal di seluruh penjuru dunia pasti kenal dengan bahan bumbu masakan asin yang satu ini.
Berbeda dengan beberapa bumbu masakan lain nya seperti cabai yang cenderung hanya populer di beberapa negara saja, garam cenderung digunakan di hampir seluruh penjuru dunia. Itu lah mengapa sangat tidak heran jika garam memiliki popularitas yang tinggi di kalangan masyarakat dunia.
Namun tahukah Anda jika garam ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk perawatan wajah? Ya, selain dapat dijadikan sebagai bahan bumbu masakan, garam ternyata juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit wajah.
Manfaat Garam untuk Wajah
Beberapa manfaat garam untuk wajah adalah sebagai berikut:

1. Menghilangkan Komedo

Komedo dapat membuat wajah tampak kusam dan tidak enak untuk dipandang. Selain itu, jika dibiarkan begitu saja, komedo juga berpotensi menyebabkan timbul nya permasalahan kulit lain nya seperti pori yang membesar dan jerawat.
Untuk itu, jika wajah Anda dipenuhi dengan komedo, Anda harus membersihkan nya.
Untuk membersihkan komedo menggunakan garam, Anda hanya perlu menggosok bagian wajah Anda yang dipenuhi komedodengan menggunakan garam halus yang ditetesi sedikit air. Lakukan aktivitas ini secara rutin setiap beberapa hari sekali sampai wajah Anda benar – benar steril dari komedo.

2. Menghaluskan Wajah

Manfaat garam untuk wajah yang selanjutnya adalah sebagai bahan untuk menghaluskan wajah.
Untuk menghaluskan wajah, Anda pada dasarnya hanya perlu melakukan dua hal, yaitu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit dan rajin membersihkan tumpukan sel kulit mati yang ada pada kulit wajah.
Nah, jika kebutuhan nutrisi untuk kulit sudah dipenuhi dengan baik, untuk membersihkan sel kulit mati yang ada pada wajah, Anda dapat menggunakan scrub alami yang dibuat dari campuran garam dan minyak zaitun.
Sekedar informasi, normalnya proses pembersihan wajah menggunakan scrub alami dari garam dan minyak zaitun ini akan menimbulkan rasa pedih pada wajah.Hal ini merupakan hal yang normal sebagai reaksi bakteri saat terkena garam.

3. Mengobati Infeksi dan Ruam pada Kulit Wajah

Berbagai macam aktivitas sering kali menyebabkan terjadi nya infeksi dan ruam pada kulit wajah.
Nah, garam ternyata bisa dijadikan sebagai alternatif obat alami untuk mengatasi infeksi dan ruam yang terjadi pada kulit wajah.
Cara nya, anda hanya perlu melarutkan 5 sendok makan garam menggunakan air hangat. Setelah itu, Anda tinggal memakai air hangat larutan garam tersebut untuk membilas wajah sembari memberikan urutan lembut.

4. Obat Alami untuk Mengompres Bengkak pada Wajah

Manfaat garam untuk wajah yang selanjutnya adalah sebagai obat alami untuk mengompres bengkak yang terjadi pada wajah.
Bengkak pada wajah dapat terjadi karena banyak hal. Dari mulai kebanyakan tidur sampai dengan terbentur benda keras, semua nya dapat menimbulkan bengkak pada wajah.
Nah, agar bengkak pada wajah Anda bisa kempis dengan cepat, Anda dapat mengompres nya menggunakan handuk yang dibasahi dengan air garam hangat.

5. Bahan Detox untuk Wajah

Detoksifikasi merupakan aktivitas yang sangat dianjurkan oleh kalangan ahli di bidang kecantikan.
Menurut hasil penelitian, detoksifikasi wajah dapat membantu mencegah terjadi nya berbagai macam permasalahan kulit wajah, seperti jerawat, ruam, wajah kusam, dan lain sebagainya.
Untuk melakukan detox wajah menggunakan garam, Anda hanya perlu menguapi wajah Anda dengan larutan garam hangat (suhu sekitar 60 – 70 C) sembari memberikan pijatan lembut di sekujur permukaan wajah.

6. Bahan Alami untuk Toner

Manfaat garam untuk wajah yang berikutnya adalah sebagai bahan alami untuk aktivitas toner.
Belakangan ini penggunaan toner sebagai pelengkap nutrisi kulit wajah cukup marak dilakukan oleh kalangan kaum hawa.
Nah, jika selama ini kalian hanya menggunakan toner siap pakai, kalian dapat mencoba untuk mengganti bahan toner kalian dengan larutan air garam.
Diharapkan toner dari larutan garam ini nanti nya dapat mencegah perkembangan bakteri di permukaan kulit wajah sehingga wajah bisa terhindar dari permasalahan jerawat.

7. Bahan Alami untuk Mengontrol Kadar Minyak pada Wajah

Meski pun terkesan sepele, kadar minyak berlebih pada wajah sebenarnya merupakan permasalahan yang cukup serius lho. Ya, selain dapat merusak penampilan, kadar minyak berlebih yang ada pada wajah juga dapat menimbulkan permasalahan wajah lain nya, seperti jerawat dan komedo.
Nah, jika Anda mengalami permasalahan kulit wajah berminyak, Anda dapat mengatasi nya dengan menggunakan garam.
Kadar mineral berupa potasium dan belerang yang ada di dalam garam diyakini dapat menekan produksi minyak berlebih pada wajah Anda.
Cara paling ampuh yang bisa Anda terapkan untuk mengontrol minyak berlebih pada wajah adalah dengan menguapi wajah Anda menggunakan air panas yang telah dibubuhi garam.

8. Bahan untuk Facial

Manfaat garam untuk wajah yang berikutnya adalah sebagai bahan alami untuk aktivitas facial.
Aktivitas facial telah terbukti dapat membantu menghaluskan kulit wajah. Tujuan utama aktivitas ini sendiri sejati nya adalah untuk mengelupas sel – sel kulit mati yang menumpuk pada lapisan kulit wajah.Harapan nya, sel – sel kulit mati tersebut akan tergantikan dengan sel kulit baru yang masih segar.
Untuk melakukan facial menggunakan garam, kalian perlu mencampur beberapa jumput garam dengan minyak zaitun atau pun minyak khusus untuk facial. Setelah itu, Anda tinggal menggosok permukaan kulit wajah Anda dengan campuran bahan tersebut secara perlahan – lahan hingga sel kulit mati terasa mengelupas.

9. Mengurangi Bopeng Pada Wajah

Jerawat sering kali meninggalkan bekas berupa bopeng dan jaringan parut pada wajah. Meski pun hal ini bukan lah sesuatu yang berbahaya, namun keberadaan bopeng sering kali membuat pemiliknya menjadi kurang percaya diri.
Nah, jika kalian mengalami nya, kalian dapat menggunakan air garam untuk mengurangi jaringan parut pada wajah Anda. Kadar mineral yang ada dalam garam diyakini dapat membantu memperbaiki jaringan kulit sehingga jaringan parut di wajah Anda pun bisa berkurang.

10. Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Manfaat garam untuk wajah yang berikutnya adalah mencegah dan mengatasi jerawat. Garam memiliki sifat anti bakteri. Ketika diaplikasikan pada kulit wajah, garam dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya itu, ketika diaplikasikan pada wajah, larutan air garam juga dapat membantu mempercepat proses pengempesan jerawat.

11. Untuk Mengobati Mata Bengkak

Manfaat garam untuk wajah selanjutnya yaitu dapat mengobati mata bengkak. Pembengkakan pada klopak mata karena begadang, menangis dan lain sebagainya bisa diatasi dengan menggunakan garam dapur.
Atasi mata panda anda dengan cara campurkan garam dengan air secukupnya, kemudian oleskan menggunakan kapas secara terus menerus selama 5 menit.

12. Membuka Pori-Pori Wajah

Manfaat garam untuk wajah berikutnya adalah dapat membuka pori-pori wajah. Membuka pori-pori wajah? Pori-pori wajah yang terbuka akan membuat wajah kita bernafas. Sebaiknya kita lakukan sesekali. Caranya yaitu dengan menggunakan up air garam. Panaskan sekitar 3 cangkir air garam, jangan terlalu panas.
Jika sudah hangat, selanjutnya letakkan di meja kemudian arahkan wajah anda di depan panci sehingga uapnya mengenai seluruh bagian wajah. Lakukan kira-kira 10 menit. Lalu bilas wajah dengan air dingin. Cara lain, Kamu bisa mencelupkan handuk bersih ke dalam panci yang berisi air garam hangat. Kemudian letakkan handuk itu di atas wajah selama 10 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air dingin.

13. Khasiat Pamungkas Garam, Memutihkan Kulit Secara Alami

Nah, ini dia manfaat garam untuk wajah yang terakhir dan paling pamungkas, yaitu untuk memutihkan kulit wajah secara alami. Cara memutihkan wajah dengan garam tergolong aman dilakukan. Anda bisa mengkombinasikan beberapa bahan alami lainnya agar lebih berkhasiat lagi.
Berikut ini diantaranya:

Air Garam dan Minyak Zaitun

cara pertama dengan mengkombinasikan garam dengan minyak zaitun. Minyak zaitun ini kaya akan vitamin E. Sehingga bermanfaat untuk menghaluskan kulit, melindungi wajahmu dari kerusakan akibat radikal bebas, serta mengoptimalkan peran garam dalam meregenerasi sel-sel kulit.
Caranya sangat mudah, pertama campurkan 1 sendok teh garam, setengah cangkir air dingin, dan 1 sendok minyak zaitun. Oleskan pada wajah, kemudian cuci bersih setelah 10 menit. Masker ini bisa digunakan 1-2 kali dalam seminggu.

Air Garam dan Madu

Selanjutnya, kita buat masker dengan menambahkan madu pada air garam. Madu sendiri kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk melembutkan kulit, menghidrasi, serta membantu mencerahkan sel-sel kulit.
Cara membuat masker garam dengan madu ini cukup mudah, yaitu pertama silahkan campurkan 1 sendok teh garam dengan 3 sendok makan madu murni ke dalam setengah cangkir air dingin. Aduk semua bahan, lalu aplikasikan pada wajah. Cuci bersih wajah setelah 10 menit. Masker ini bisa digunakan 1-2 kali dalam seminggu.

Air Garam dan Lidah Buaya

Selanjutnya, anda bisa menambahkan gel lidah buaya pada larutan garam yang anda buat. Lidah buaya ini mengandung vitamin C dan vitamin E yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk mencerahkan dan menunda tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, tanaman yang terkenal untuk perawatan rambut ini juga mengandung zat saponin yang mampu membunuh bakteri P.acne pemicu jerawat di wajah.
Wah sangat luar biasa sekali bukan kandungan lidah buaya. Tidak heran kalau banyak produk kecantikan menggunakannya sebagai bahan baku utama. Nah, untuk membuatnya maskernya, pertama silahkan buat larutan air garam terlebih dahulu dengan mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam setengah cangkir air dingin. Aduk sampai menjadi pasta. Lalu tambahkan 3 -4 tetes gel lidah buaya. Aduk lagi hingga rata. Kemudian oleskan masker pada wajah. Selang 10 menit, cuci bersih wajah dengan air. Masker ini dapat diaplikasikan 1-2 kali dalam seminggu.

Air Garam dan Tomat

Selanjutnya anda bisa menambahkan tomat pada masker garam anda. Tomat sendiri mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Cara membuatnya cukup mudah, pertama cambahkan sesendok jus tomat ke dalam setengah cangkir air garam. Aduk rata, selanjutnya aplikasikan pada wajah hingga merata. Selang 10 menit, bilas wajah dengan air bersih. Masker ini dapat digunakan 1-2 kali dalam seminggu.

Air Garam dan Jeruk Nipis

Selanjutnya, anda dapat menambahkan jeruk nipis pada larutan garam anda. Kombinasi dari dua bahan ini bermanfaat untuk mencerahkan kulit, mengangkat kotoran yang menempel di pori-pori, melembutkan kulit serta mengatasi jerawat.
Bagaimana cara membuat masker garam dan jeruk nipis? Caranya silahkan buat setengah cangkir air garam. Kemudian tambahkan 5 tetes air perasan jeruk nipis. Aduk rata. Kemudian segera aplikasikan pada kulit dengan menggunakan kapas. Selang 10 menit, cuci bersih wajah dengan air dingin. Masker ini dapat digunakan 1-2 kali dalam seminggu.

Air Garam dan Lemon

Selain jeruk nipis, anda juga bisa menggunakan lemon dan larutan garam untuk memutihkan kulit secara alami. Kamobinasi dari kedua bahan ini bermanfaat untuk membuat wajah menjadi halus, cerah dan sehat.
Silahkan anda tambahkan 5 tetes air perasan lemon ke dalam setengah cangkir air garam. Oleskan masker pada wajah, kemudian bilas dengan air setelah 10 menit. Masker ini bisa digunakan 1-2 kali dalam seminggu.

Air Garam dan Pepaya

Anda juga bisa menggunakan pepayan dan larutan garam untuk memutihkan wajah anda. Kandungan vitamiin C pada pepaya bermanfaat untuk mencerahkan sel-sel kulit, mengatasi peradangan serta jerawat.
Pertama silahkan anda tambahkan 1 sendok teh jus buah pepaya ke dalam setengah cangkir air garam. Aduk rata semua bahan hingga menyerupai pasta. Setelah itu, oleskan masker pada wajah. Diamkan kira-kira 10 menit. Dan terakhir cuci bersih wajah dengan air dingin. Masker ini bisa digunakan 1-2 kali dalam seminggu.
Itu lah sedikit tulisan mengenai manfaat garam untuk wajah yang dapat kami sampaikan kepada Anda.Sekedar info tambahan, belakangan ini marak beredar garam oplosan di pasaran. Jika nanti nya Anda ingin melakukan perawatan wajah menggunakan garam, Anda harus berhati – hati terhadap produk garam oplosan ini.
Hal ini perlu dilakukan mengingat campuran bahan yang dipakai untuk mengoplos garam bisa saja malah berbahaya untuk kesehatan kulit wajah.

Selamat mencoba dan semoga sukses ya! Jangan lewatkan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial sanggul pengantin modern untuk wajah bulat

Tips memilih conditioner untuk rambut kering

20 Inspirasi gaya rambut yang cantik untuk merayakan Tahun Baru Imlek