9 Cara Menghilangkan Gatal Di Kepala Akibat Ketombe Maupun Kutu Rambut

Berikut ini ada beragam cara menghilangkan rasa gatal di kulit kepala dengan menggunakan beberapa bahan alami yang ada disekitar kita. Kumpulan Beragam Aneka Panduan Serta Tips Bagaimana Cara Paling Ampuh Serta Cepat Mengatasi Atau Menghilangkan Rasa Gatal Di Pada Kulit Kepala Secara Alami
Rambut adalah salah satu bagian anggota tubuh yang biasa di sebut dengan mahkota. Jika berbicara rambut pastinya ada permasalahan yang ada kaitannya dengan rambut seperti rambut rontok, rambut beruban dan rambut gatal. Jika anda mengalami permasalahan rambut gatal, biasanya bukan rambutnya yang gatal melainkan kulit kepala yang gatal.

Apalagi jika kulit kepala di garuk maka tingkat kegatalannya semakin menjadi-jadi. Bila saat ini anda mengalami rasa gatal di kepala yang sangat hebat, berikut ini ada beberapa penyebab rasa gatal dan juga cara mengatasi rasa gatal dikulit kepala dengan menggunakan bahan alami yang ada disekitar kita. Tanpa perlu banyak kata lagi yuk kita simak penjelasan selengkapnya dibawah sini.

Tips Cara Menghilangkan Rasa Gatal di Kepala Akibat Ketombe Kutu Rambut Maupun Uban Dengan Menggunakan Bahan Alami

Ini Dia Penyebab Yang Sering Bikin Rasa Gatal di Kepala
1. Ketombe
Ketombe adalah penyebab kepala gatal yang sering di alami oleh banyak orang. Ketombe merupakan pengelupasan kulit mati pada bagian kulit kepala yang berlebihan. Secara alami kulit kepala kita akan mengalami pengelupas. Pengelupasan di bedakan menjadi 2 macam, pengelupasan jumalh sedikit dan pengelupasan jumlah banyak. Jika pengelupas terjadi dalam jumlah banyak akan menyebabkan rasa gatal di kepala. Salah satu cara mengatasi rambut rontok dan ketombe adalah dengan melakukan keramas secara rutin. Kelebihan kadar minyak pada rambut dan rambut yang kotor dapat menyebabkan ketombe.

2. Kutu Rambut
Penyebab gatal kepala selanjutnya yang sering di alami oleh banyak orang baik itu laki-laki atau perempuan adalah kutu rambut. Kutu rambut merupakan sejenis parasit yang di hidup di kepala, penyebab gatal kepala yang satu ini terbilang berbahaya karena menghisap darah sebagai makanannya. Bagi anda mengalami ini cara mengatasinya dengan menggunakan sisir serit yang bergigi rapat, kemudian menggunakan shampo khusus penghilang kutu rambut.

3. Rambut Uban
Uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Rambut putih atau yang biasa disebut uban ini biasanya tumbuh pada pria atau wanita yang berumur di atas 30 tahun. Selain itu uban dapat muncul pada usia lebih muda karena adanya faktor genetis. Uban juga salah faktor penyebab kepala mengalami gatal-gatal.

Berikut Ini Ada Beberapa Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Gatal di Kepala Secara Alami
1. Coba Ganti Shampo Anda
Salah satu penyebab utama kepala mengalami gatal-gatal adalah shampo. Apabila anda menggunakan jenis shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut maka akan menimbulkan masalah, salah satunya kepala gatal. Jika sudah begitu coblah anda mengganti jenis shampo lainnya yang sesuai dengan jenis rambut anda. Jenis shampo yang baik adalah shampo yang berbahan ringan atau herbal.

2. Rutin Melakukan Keramas
Langkah kedua untuk menghilangkan gatal di kepala adalah rutin melakukan keramas. Namun hal ini banyak di abaikan orang terutama seseorang yang memiliki kesibukan luar biasa, mereka beralasan tidak memiliki waktu sehingga malas berkeramas. Padahal hal ini kebiasaan buruk yang kedepannya bisa mengganggu kesehatan rambut seperti mengalami rambut berminyak, rambut kotor, kering, kusam dan lainnya.
Jika seseroang tersebut bekerja di bawah langsung terik sinar matahari. Ketika anda mengalami rambut berminyak maka siap-siap anda mendapati masalah rambut lainnya seperti ketombe yang menyebabkan kepala gatal. Nah untuk mengatasinya anda bisa melakukan keramas 2 hari sekali, namun bila rambutnya panjang dan lebat bisa 1 hari sekali.

3. Air Perasan Jeruk Nipis
Jeruk nipis biasanya identik yang ada kaitannya dengan minuma, makanan, obat herbal, namun kali ini jeruk nipis di manfaatkan untuk mengatasi gatal kepala. Sebab air perasan jeruk nipis ampuh sebagai antibiotik alami yang dapat menghilangkan gatal di kepala.
Berikut cara penggunaannya:
– Siapkan beberapa biji jeruk nipis sesuaikan dengan panjang rambut anda.
– Belah jeruk nipis tersebut dan peras ambil airnya
– Oleskan air perasan jeruk nipis merata ke seluruh bagian kulit kepala dan rambut anda.
– Hindari mengoleskan pada bagian yang terdapat luka.
– Diamkan selama 30 menit.
– Setelah itu bilas menggunakan air hangat.
Mungkin saat mengoleskan jeruk nipis rasanya akan perih di kulit kepala. Namun hal itu wajar dan akan hilang setelah dibilas dengan air. Langkah ini sangat efektif dalam menghilangkan gatal di kepala, sebab air jeruk nipis anti bakteri dan anti jamur.

4. Baking Soda
Baking Soda merupakan bahan pengembang kue yang dapat bermanfaat sebagai salah satu cara menghilangkan gatal di kepala. Baking soda mampu mengangkat dan menghilangkan ketombe, kerak-kerak minyak yang sudah bercampur kotoran dan debu yang menjadi penyebab rambut gatal.
Berikut cara pemakaiannya:
– Ambillah 1 sendok makan baking soda, sesuaikan dengan rambut panjang anda.
– Tambahkan sedikit air.
– Aduk rata sampai baking soda berbentuk pasta.
– Oleskan pasta baking soda tersebut merata ke seluruh kulit kepala dan rambut anda.
– Pijat perlahan selama 30 menit.
– Bilas menggunakan air dingin.

5. Garam Halus
Garam adalah salah satu bumbu penyedap masakan, yang bisa di manfaatkan untuk mengatasi kepala gatal. Garam halus terbilan efektif, selainmenghilangkan gatal kepala juga bisa di gunakan untuk menghilangkan kotoran yang melekat di kulit kepala karena keringat serta dan mengatasi ketombe yang menjadi pemicu gatal di kepala.
Berikut cara penggunaannya:
– Ambillah 1 sedok makan garam halus (sesuaikan dengan panjang rambut anda).
– Tambahkan sedikit air sampai garam berbentuk pasta.
– Oleskan pasta garam ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala.
– Pijat perlahan selama 30 menit.
– Kemudian bilas menggunakan air hangat.

6. Jus Tomat
Tomat merupakan salah satu jenis buah-buah atau kategori sayuran yang memiliki banyak kandungan salah satunya Lycopen. Lycopen sendiri memiliki khasiat untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran, debu, serta berkas keringat yang menyebabkan gatal di kepala.
Berikut cara pemakaiannya:
– Siapkan 3 buah tomat ukuran sedang atau 1 buah tomat buah besar.
– Haluskan buah tomat tersebut sampai berbentuk jus.
– Oleskan jus buah tomat merata di seluruh permukaan rambut dan kulit kepala.
– Pijat perlahan dan diamkan selama 30 menit.
– Bilas menggunakan air hangat.


7. Jus Alpukat
Langkahnya selanjutnya dalam menghilangkan gatal di kepala adalah pemakaian jus alpukat. Sama seperti halnya tomat alpukat juga salah satu buah yang memiliki banyak kandungan salah satunya Vitamin E. Vitamin E yang terkandung di dalam buah alpukat efektif sebagai antioksidan melawan bakteri-bakteri penyebab gatal di kepala.
Berikut cara penggunaannya:
– Siapkan jus buah alpukat segar tanpa campuran pemanis.
– Oleskan jus buah alpukat merata ke seluruh kulit kepala dan helaian rambut anda.
– Pijat-pijat perlahan rambut Anda.
– Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
– Setelah itu bilas menggunakan air hangat.

8. Cuka Apel
Cuka Apel merupakan bahan tambahan dalam pembuatan makanan, namun kali ini cuka apel di manfaatkan untuk mengatasi gatal di kepala. Sebab di dalam cuka apel terdapat anti inflamasi dan anti bakteri.
Berikut cara pemakaiannya:
– Siapkan 1 sendok makan sari cuka apel ke dalam wadah.
– Tambahkan 2 sendok makan air putih.
– Aduk-aduk hingga tercampur rata.
– Kemudian oleskan campuran sari cuka apel tersebut ke kulit kepala dan rambut anda.
– Diamkan selama 30 menit.
– Bilas menggunakan air bersih.

9. Minyak Pohon Teh
Langkah terakhir untuk mengatasi gatal pada kepala adalah memanfaatkan minayk pohon teh. Sebab di dalam minyak pohon teh mengandung anti inflamasi dan antimikroba yang mampu mengatasi gatal di kepala dan menetralkan minyak berlebih pada kulit kepala. Cara menggunakannya cukup mengoleskan merata ke seluruh bagian rambut sampai kulit kepala.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Cara Menghilangkan Gatal Di Kepala Akibat Ketombe Maupun Kutu Rambut yang bisa saya bagikan kepada kalian semua.

Info Pemesanan / Konsultasi :
💌 TELP / SMS / WA: 0822-3481-3382
💌 BBM: E3E645D4
💌 ID LINE: @ellagreenangelica
.
.
Market Place Resmi :
🛍Lazada : http://bit.ly/lazadaGApenumbuhrambut
🛍Tokopedia : http://bit.ly/tokpedGApenumbuhrambut
🛍Bukalapak : http://bit.ly/bukalapakGApenumbuhrambut
🛍Shopee : http://bit.ly/shopeeGAElla

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial sanggul pengantin modern untuk wajah bulat

20 Inspirasi gaya rambut yang cantik untuk merayakan Tahun Baru Imlek

Tips memilih conditioner untuk rambut kering