Mengapa Rambut Berminyak? Temukan Jawaban dan Solusinya di Sini

“Kenapa ya rambut berminyak? Bukannya baru dua hari lalu baru keramas?” Jika pertanyaan ini sering kamu tanyakan pada dirimu sendiri, sudah saatnya kamu meluangkan waktu untuk mencari jawaban dan solusinya di sini.
Hidup di negara tropis dengan kelembapan tinggi bisa meningkatkan potensi rambut menjadi lepek. Apalagi jika kamu memiliki rambut tipis dan lurus. Kombinasi rambut ini bisa membuat produksi minyak alami rambut tidak berimbang, sehingga rambut menjadi gampang lepek.
Untuk menyuguhkan jawaban komprehensif atas pertanyaan yang sering diajukan ini, tim All Things Hair global berkonsultasi dengan Peter Bailey, Global Technical Manager Unilever, yang juga ahli memecahkan masalah rambut berminyak dan lepek. Pantau terus penjelasannya berikut ini!


Mengapa rambut berminyak?



rambut bob pendek wavy
Ingin tahu kenapa rambut berminyak dengan mudah dan seringkali tak lama setelah rambut dikeramas? Menurut Peter, folikel rambut pada dasarnya memang mengandung minyak yang bertujuan untuk melembapkan batang rambut.
“Di dalam folikel rambut ada sesuatu yang dinamakankelenjar minyak (sebaceous gland) yang bertugas untuk memproduksi sebum.”
Sebum inilah yang nantinya bertugas melumasi batang rambut dan juga membuatnya terlihat berkilau. Namun, saat produksinya berlebihan, minyak akan menumpuk di kulit kepala dan kemudian menempel pada helai-helai rambut dan membuatnya terasa lengket dan kotor.
“Jika sebum dibiarkan untuk waktu yang lama, minyak rambut ini dapat diserang dan diuraikan oleh mikroorganisme yang hidup di kulit kepala. Hasil dari proses penguraian ini dapat menyebarkan bau menyengat.” – Peter Bailey
Ugh! Ternyata rambut berminyak dan lepek bisa menjadi sarang kuman. Pantas saja jadi bau apek!

Cara mengatasi rambut berminyak.

Kondisi rambut berminyak bisa ditandai dengan tiga ciri, yakni lepek, terasa berat, dan tidak bouncy. Solusi utama untuk mengatasinya adalah mencucinya dengan bersih. Namun tak semua produk bisa membilas minyak hingga ke sumbernya. Kamu perlu shampoo dengan manfaat deep cleansing seperti Green Angelica Hair Shampoo
Kedua produk ini favorit kami karena bisa membersihkan rambut serta kulit kepala secara menyeluruh. shampoo ini dibuat berkualitas profesional, artinya, kamu bisa merasakan sensasi perawatan rambut yang biasanya hanya kamu dapatkan di salon. Kandungan ginger extract dan green tea kaya antioksidan bekerja efektif mendetoksifikasi rambut dari sisa-sisa keringat yang bercampur minyak, debu, polusi, bahkan produk styling yang kamu gunakan sehari-hari.
Untuk hasil maksimal dan mengurangi frekuensi pertanyaan kenapa rambut berminyak secara drastis, lanjutkan dengan memakai Green Angelica Hair Serum agar rambut lebih terlindungi dan kembali mudah diatur.

Mengakali rambut lepek dengan gaya rambut tepat.

Belum sempat keramas dan butuh solusi cepat? Ada beberapa gaya rambut yang bisa kamu gunakan untuk menyiasati rambut lepek dan berminyak. Salah satunya adalah gaya rambut top knot atau cepol.
gaya rambut half up top knot
Akali rambut yang mudah berminyak dengan gaya top knot yang keren! (Foto: Hariono Halim)
Jika ingin yang lebih kasual, ada juga gaya rambut messy bun yang bisa padukan dengan man bun jika ingin tampil kembaran dengan pasangan.

Solusi darurat saat terdesak.

Di awal kami menyebutkan bahwa solusi utama mengatasi rambut berminyak adalah mencucinya dengan bersih. Namun, ada kalanya saat kita sedang sibuk sehingga tak punya banyak waktu untuk berlama-lama di kamar mandi.
Skenario lain yang juga sering terjadi adalah rambut mendadak terlihat lepek dan berminyak saat akan menghadiri acara penting. Untuk itu kamu bisa menggunakan dry shampoo sebagai solusi darurat yang bisa dicoba.
Dry shampoo memiliki dua jenis, yaitu bubuk seperti bedak dan juga aerosol (disemprotkan jadi partikel kecil). Gunanya adalah membuat rambut lebih kesat dan menyerap minyak berlebihan di rambut.
Meskipun ada kata-kata shampoo di dry shampoo, bukan berarti produk ini bisa membersihkan seperti shampoo pada umumnya. Kamu tetap perlu keramas setelahnya.
Semoga penjjelasan kami menjawab pertanyaan ’Kenapa rambut berminyak?’ yang sering menghantuimu selama ini. Simak pula halaman Tips Mencuci Rambut untuk tahu lebih lanjut cara mengatasi rambut berminyak dengan efektif.
Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial sanggul pengantin modern untuk wajah bulat

20 Inspirasi gaya rambut yang cantik untuk merayakan Tahun Baru Imlek

Tips memilih conditioner untuk rambut kering