Fakta-fakta unik jenggot ini bikin kamu ingin memilikinya!

Menurut pengakuan beberapa wanita, mereka mengakui bahwa pria yang memiliki jenggot atau brewok terlihat lebih macho dan menarik ketimbang pria yang tidak memiliki jenggot. Benarkah seperti itu?
Berdasarkan keterangan beberapa pria, mereka merasakan meningkatnya kesehatan dan kepercayaan diri yang mereka miliki saat memiliki jenggot. Apakah benar begitu?
Untuk mengetahui kebenaran dibalik pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari kita lihat beberapa fakta menarik seputar jenggot atau brewok yang dimiliki pria.

1. Terlihat maskulin

Dikutip dari Elshinta, pada beberapa penelitian dalam Jurnal ‘Evolution and Human Behavior’, diungkapkan bahwa semakin lebat jenggot pria, dia akan tampak semakin maskulin. Riset tersebut melibatkan 351 orang responden wanita dan 177 orang responden pria. Para responden diminta melihat 10 foto pria dengan penampilan wajah berbeda-beda mulai dari yang mulus dan rapi hingga yang dipenuhi rambut. Setelah melihat foto-foto tersebut, responden diminta memberikan penilaian dalam hal maskulinitas mengenai seberapa menarik, kesehatan, dan kemampuan menjadi orang tua. Hasilnya pria yang dianggap menarik oleh wanita adalah pria yang paling tebal jenggotnya. Sebaliknya, pria yang kurang menarik adalah mereka yang hanya sedikit memiliki rambut-rambut disekitar dagunya.

Nah karena sudah terbukti, jika kamu ingin terlihat lebih maskulin di depan para wanita, sebaiknya kamu menumbuhkan jenggot atau brewok. Agar tampil semakin menarik, kamu bisa bentuk jenggotmu sesuai dengan bentuk wajahmu.

2. Kesehatan kulit 

Jenggot dapat menjaga kesehatan
Pria yang memiliki jenggot identik dengan kulit yang sehat. Hal ini karena, keberadaan jenggot mencegah pria untuk menyentuh area wajahnya terlalu sering. Ketika area wajah tidak terlindungi, kelembaban alami yang ada di wajah bisa berkurang seiring berjalannya aktivitas. Wajah yang tidak lembap akan menjadi kering dan rusak. Karena itu, jangan malu berjenggot, karena itu adalah tanda bahwa kulitmu sehat!

3. Mencegah kanker 

Menurut riset yang dilakukan oleh Universitas Southern Queensland, jenggot bisa membuat pria menjadi awet muda. Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa jenggot pria bisa menghambat 95% paparan sinar UV yang jika terkena secara berlebihan bisa meningkatkan risiko pria terkena melanoma atau kanker ganas di kulit. Tidak hanya itu, sinar UB juga bisa mempercepat terjadinya penuaan pada kulit. Nah dari segi kesehatan, tidak ada alasan bagimu untuk tidak memiliki jenggot, bukan?

4. Jadwal bercukur 

Dikutip dari BBC, pria berusia 18 sampai 24 tahun mencukur rambut-rambut di wajahnya setidaknya empat kali dalam seminggu. Waktu yang dihabiskan pria untuk bercukur ini rata-rata adalah 3,5 menit. 84% pria melakukan aktivitas bercukur ini di wastafel. 15% pria lainnya bercukur di bawah shower atau bath tub.

5. Lebih dewasa

Pria berjenggot memang sudah terbukti terlihat lebih maskulin. Namun di mata wanita, jenggot juga membuat pria terlihat lebih dewasa dari usianya yang sesungguhnya. Hal itu diungkapkan dari riset yang dilakukan ahli bedah transplantasi rambut Asim Shahmalak. Dalam riset tersebut, wanita menilai penampilan pria berjenggot lebih tua delapan tahun dari usianya.

6. Jenggot terpanjang 

Shamsher singh, orang yang memiliki jenggot terpanjang di dunia
Apakah kamu tahu? Pemegang rekor pemilik jenggot terpanjang di dunia seorang pria India bernama Shamsher Singh. Pada 1997, Shamser menorehkan rekor dengan jenggotnya yang panjangnya mencapai 1,83 meter atau sekitar 6 kaki. Wah, sepertinya jenggotnya lebih panjang dari tinggi Shamser sendiri ya? Dia menjadi pria dengan jenggot terpanjang yang masih hidup hingga saat ini, lho.

7. Phobia jenggot 

Jika kamu merasa ketakutan melihat pria berjenggot, mungkin kamu menderita pogonophobia atau phobia terhadap jenggot. Hal ini bisa terjadi karena berbagai sebab. Misalnya pengalaman masa lalu yang tidak menyenangkan dengan orang berjenggot sehingga menyebabkan trauma yang mendalam. Phobia pada pria jenggot ini pada akhirnya berkembang dalam diri Anda sebagai bentuk mekanisme perlindungan diri. Jika kamu ingin menghilangkannya, kamu harus tekankan pada diri sendiri bahwa kamu ingin berubah, lalu datangi psikiater untuk membantu menghilangkannya.

8. Mampu melawan batuk 

Fungsi jenggot yang satu ini sangat unik, lho! Apakah kamu tahu kalau jenggot juga dapat melawan terjadinya batuk? Ya, hal ini karena jenggot dapat menahan udara dingin dan dapat menaikan suhu di sekitar leher, apalagi saat Anda berada pada cuaca yang dingin. Satu lagi keuntungan memiliki jenggot yang berhubungan dengan kesehatan.

Demikianlah fakta-fakta menarik tentang jenggot. Apakah kamu memiliki fakta unik lainnya? Yukk share pengalaman kalan di kolom komentar!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial sanggul pengantin modern untuk wajah bulat

Tips memilih conditioner untuk rambut kering

20 Inspirasi gaya rambut yang cantik untuk merayakan Tahun Baru Imlek